Selasa 16 Apr 2024 20:08 WIB

Tak Ingin Dicampakkan Allah SWT di Akhirat Kelak? Lakukan 4 Perkara Ini

Allah SWT akan mencampakkan golongan tertentu di akhirat

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi akhirat. Allah SWT akan mencampakkan golongan tertentu di akhirat
Foto:

Ketiga, membaca Alquran

Cara ketiga agar terbebas dari golongan orang yang dimusuhi Allah SWT pada hari kiamat adalah dengan memperbanyak membaca Alquran. Membaca Alquran termasuk salah satu bentuk dzikir atau mengingat Allah SWT.

Membaca Alquran juga dapat menjadi bekal bagi setiap muslim. Karena pada hari kiamat, Alquran akan datang memberikan syafaatnya kepada Muslim yang semasa hidupnya gemar  membaca Alquran. 

Dengan syafaat Alquran, Muslim akan terhindar dari azab Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Mamah RA, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

Pada hari kiamat nanti, Allah SWT akan menjadikan pahala membaca Alquran sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafaat kepada Muslim yang rajin dan istiqamah membaca Alquran.

Rasulullah SAW menjanjikan pahala dan balasan besar bagi mukmin yang senang membaca Alquran. Pahala tersebut berupa ketenteraman hati, ketajaman logika, dan tercerahnya ruhani seorang mukmin.

Keempat, rajin bersedekah

Cara keempat agar terbebas dari golongan orang yang dimusuhi Allah SWT adalah dengan jalan sedekah. Tentu saja, harta yang digunakan untuk bersedekah haruslah harta yang diperoleh dengan cara halal.

Dengan memperbanyak sedekah, setiap muslim akan memperoleh dua keuntungan sekaligus. Pertama, terbebas dari golongan orang yang dimusuhi Allah SWT pada hari kiamat. 

Kedua, memiliki bekal untuk kehidupan di akhirat karena di balik sedekah tersimpan pahala yang melimpah (berlipat-lipat).

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Barang siapa bersedia memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan, Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki); dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS Al Baqarah ayat 245).

Demikianlah keistimewaan sedekah. Sedekah yang dikeluarkan muslim akan dibalas hingga 700 kali lipat. Subhanallah! Balasan tersebut membuktikan bahwa sedekah merupakan ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT.

photo
Infografis Alasan Tertutupnya Hati Membaca Alquran - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement