Selasa 16 Apr 2024 16:25 WIB

Iran Serang Israel, Pemimpin Dunia Desak Penurunan Ketegangan Timur Tengah

Para ahli mengatakan Israel mampu menetralisir sebagian besar rudal dan drone.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kue yang menggambarkan bendera nasional Irak dan Amerika Serikat selama pertemuan antara Perdana Menteri Irak dan Menteri Pertahanan AS di Pentagon di Arlington, Virginia, AS, 15 April 2024.
Foto:

"Dalam banyak hal ini merupakan kekalahan ganda bagi Iran. Serangan itu hampir gagal total, dan mereka mengungkapkan kepada dunia bahwa mereka adalah pengaruh jahat di kawasan yang siap melakukan hal ini. Jadi harapan kami adalah tidak akan ada respon pembalasan,” katanya kepada Sky News.

Cameron mengatakan Inggris juga akan bekerja dengan sekutunya untuk mempertimbangkan penerapan lebih banyak sanksi terhadap Iran, dan mendesak Israel untuk kembali fokus pada menyetujui gencatan senjata dengan Hamas yang didukung Iran dalam perang Gaza.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Senin bahwa Prancis akan membantu melakukan segalanya untuk menghindari eskalasi di Timur Tengah. "Kami akan melakukan segalanya untuk menghindari kebakaran besar atau eskalasi," katanya kepada saluran berita BFMTV.

"Selama beberapa tahun sekarang kami telah memiliki pangkalan udara di Yordania untuk melawan terorisme. Wilayah udara Yordania dilanggar. Kami membuat pesawat kami lepas landas dan kami mencegat apa yang harus kami cegat," katanya.

Para ahli mengatakan Israel mampu menetralisir sebagian besar rudal dan drone. Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne pada Ahad mengatakan dia telah meminta kementerian luar negeri untuk memanggil duta besar Iran pada hari Senin untuk menyampaikan pesan ketegasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement