Senin 15 Apr 2024 19:17 WIB

Ketika Aktor Morgan Freeman Coba Kumandangkan Adzan di Masjid Kairo

Freeman tampak heran dengan pemilihan muadzinnya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
 Aktor AS Morgan Freeman.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Aktor AS Morgan Freeman.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Aktor senior Hollywood Morgan Freeman pernah melakukan perjalanan ke Kairo, Mesir. Kisah perjalanan dikemas dalam sebuah program yang ditayangkan National Geographic yang kemudian diunggah di kanal Youtube.

"Saya memutuskan kembali ke Kairo untuk mencoba memahami siapa Tuhan bagi umat Islam. Islam meyakini pada Tuhan yang sama seperti orang Yahudi dan Kristen, tapi saya ingin tahu apakah ada perbedaan dalam cara mereka berpikir tentang Tuhan," kata Freeman dalam tayangan tersebut.

Baca Juga

Perjalanan Morgan Freeman di Kairo didampingi oleh sejarawan Islam Ahmed Ragab, yang membawanya ke Masjid Al Hussein di Kairo.

Freeman kemudian memasuki masjid tersebut, dan berkata kepada Ragab, "Anda bisa masuk ke sini seperti Gereja Katolik yang selalu terbuka untuk sholat. Anda masuk ke sini, dan bisa beribadah antara diri Anda sendiri dan Allah." Dibalas oleh Ragab, "Ya, tepat sekali."

Freeman senang karena bisa berada di waktu yang tepat, yaitu ketika adzan berkumandang. "Saya berada di saat yang tepat untuk mendengar apa yang diyakini umat Islam sebagai salah satu suara terindah di dunia, adzan. Bagi umat Muslim, suara kumandang muadzin adalah manifestasi Tuhan," kata Freeman.

Lalu, Ahmed Ragab menjelaskan...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement