Senin 15 Apr 2024 16:26 WIB

Will Smith Suka Kisah Nabi Musa dalam Alquran, Ini Salah Satu Ayat dan Tafsirnya

Salah satu ayat Alquran yang mengulas Nabi Musa adalah Surat Al Baqarah ayat 67.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Will Smith
Foto:

"Kemudian Dia memberitahu kita tentang alasan di akhir kisah. Baik Allah memberi tahu kita tentang alasan atau tidak, itu tidak mengubah iman kita terhadap kenyataan apa yang terjadi. Dan kisah itu memiliki hikmah, meskipun mungkin tersembunyi bagi kita, tetapi ada," ujar Syekh Asy-Sya'rawi.

Karena itu, berdasarkan penjelasan tafsir Syekh Asy-Sya'rawi, Allah telah meminta bangsa Yahudi untuk menyembelih sapi dan yang harus mereka lakukan hanyalah melaksanakan perintah-Nya. Namun, yang terjadi justru orang-orang Yahudi malah balik bertanya. Pertanyaan mereka dibuat untuk meniadakan kewajiban.

"Bangsa Yahudi mengecam Allah karena memerintahkan mereka untuk menyembelih sapi tanpa alasan. Dan bangsa Yahudi malah menuduh Musa mengejek mereka. Ketika Musa mendengar kata-kata mereka, Musa terkejut. Apakah ada seorang Nabi yang menertawakan perintah Allah seperti ini? Di mana seorang Nabi Allah membawa perintah dari Allah dalam suasana lelucon?" kata Syekh Asy-Sya'rawi.

Kemudian Asy-Sya'rawi menyampaikan, Nabi Musa AS menyadari orang-orang Yahudi tersebut adalah orang-orang yang jahil. Mereka tidak mengerti tentang Tuhan mereka, Rasul mereka, atau hari akhir mereka.

Bangsa Yahudi mencoba untuk mengukur segala sesuatu dengan standar mereka sendiri, bukan dengan standar Allah Ta'ala. "Ketika diberi kemudahan, mereka (bangsa Yahudi) menginginkannya sulit. Mereka meminta agar Allah memberikan kesulitan kepada mereka, menempatkan beban yang berat atas hidup mereka," ujar Asy-Sya'rawi.

Sumber: Masrawy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement