Jumat 05 Apr 2024 01:58 WIB

Baznas Pontianak Salurkan Bantuan Sasar Dhuafa dan Anak Yatim

Baznas menyalurkan seratus paket bantuan yang menyasar yatim dan dhuafa.

Baznas Kota Pontianak bekerja sama dengan Jamkrindo Syariah Kota Pontianak menyalurkan bantuan. (ilustrasi)
Foto: dok Baznas
Baznas Kota Pontianak bekerja sama dengan Jamkrindo Syariah Kota Pontianak menyalurkan bantuan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak bekerja sama dengan Jamkrindo Syariah Kota Pontianak menyalurkan seratus paket bantuan yang menyasar masing-masing 50 kaum dhuafa dan 50 anak yatim.

"Untuk kaum dhuafa paket bantuan berisi gula pasir, tepung, sarden dan mie instan. Kemudian kecap manis, abon sapi, minyak goreng hingga beras sepuluh kilogram. Untuk anak yatim berisi uang tunai, satu buah mushaf Alquran serta sajadah,” ujar Ketua Baznas Kota Pontianak Sulaiman saat penyerahan secara simbolis di Kantor Baznas Kota Pontianak, Kamis (4/4/2024).  

Baca Juga

Sulaiman menerangkan, Baznas Kota Pontianak senantiasa berperan untuk menyalurkan zakat dari wajib zakat kepada penerima zakat. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari masjid-masjid di Kota Pontianak.  

“Ini program dari pusat bekerja sama dengan Jamkrindo Syariah seluruh Indonesia, kebetulan di Kota Pontianak ada Jamkrindo Syariah. Khusus penerima dhuafa ini kami salurkan kepada marbot masjid UPZ binaan kita,” terangnya.

Agenda serupa juga telah digelar oleh Baznas Kota Pontianak seperti buka bersama dengan anak yatim. Kemudian rencananya dalam waktu dekat akan buka bersama dengan seratus marbot dan mualaf yang ada di Kota Pontianak. Setiap acara juga bersinergi dengan instansi lain.

“Jadi, kami selalu sinergi, alhamdulillah yang diajak bersinergi alhamdulillah menyambut,” ujarnya.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengapresiasi penyerahan bantuan yang dilakukan oleh Baznas Kota Pontianak kepada masyarakat yang membutuhkan. Tentu peran ini penting bagi pembangunan sumber daya manusia Kota Pontianak.

“Apresiasi saya setinggi-tingginya kepada pihak terlibat, mudah-mudahan di tengah bulan puasa ini meningkatkan semangat ibadah dan membawa berkah,” ungkapnya, usai menyerahkan secara simbolis bantuan.

Dalam rangka menyambut lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak lewat dinas terkait tetap berupaya menyerahkan bantuan pangan kepada warga penerima manfaat. Selain itu, sebut Ani, pihaknya akan menggelar pasar murah sesaat mendekati bulan Syawal ini.

“Ada pasar murah lalu penyerahan bantuan cadangan beras, di bulan puasa ini Pemkot Pontianak selalu membagikan apa yang dimiliki Pemkot Pontianak kepada seluruh masyarakat di kelurahan-kelurahan,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement