Rabu 27 Mar 2024 08:23 WIB

Baznas: Kelompok Menengah Muslim Sadar Zakat Terus Menguat

Di 2024, Baznas menargetkan dana zakat dapat terkumpul sebesar Rp 41 triliun.

Seorang muzaki melakukan pembayaran zakat secara online melalui QRIS.
Foto:

Rizaludin mengatakan Baznas aktif bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk menggencarkan literasi zakat, seperti melalui kolaborasi dengan pemerintah, kampus, dan pemuka agama.

Baznas juga memaksimalkan seluruh kanal komunikasi untuk menyampaikan literasi zakat terutama pada saat bulan Ramadhan. Selain masalah literasi zakat, ketersediaan kanal pembayaran juga termasuk tantangan lainnya di dalam upaya mengoptimalkan potensi zakat.

Kebanyakan masyarakat, kata Rizaludin, sudah memiliki kesadaran menunaikan zakat, tetapi masih kebingungan dengan kanal pembayaran zakat yang dapat diakses.

"PR kami memperbanyak kanal bayar bisa ada di mana-mana. Maka, Baznas kerja sama dengan hampir 130-an kanal digital, kerja sama dengan bank-bank yang utama tentu bank syariah. Namun, bank konvensional kami juga masih kerja sama," kata dia.

Rizaludin mengatakan penghimpunan dana zakat tumbuh baik dari tahun ke tahun. Meski tahun ini hanya menargetkan Rp 41 triliun, dia optimistis dana zakat yang terkumpul dapat mencapai potensi Rp 327 triliun di tahun-tahun mendatang setelah melewati pertumbuhan yang baik dari tahun ke tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement