Senin 04 Mar 2024 16:21 WIB

5 Keuntungan Sering Istighfar Menurut Alquran, Salah Satunya Rezeki Lancar

Istighfar meminta ampunan kepada Allah SWT membuka kesukaran di dunia

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Istighfar (ilustrasi). Istighfar meminta ampunan kepada Allah SWT membuka kesukaran di dunia
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Istighfar (ilustrasi). Istighfar meminta ampunan kepada Allah SWT membuka kesukaran di dunia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Kalimat istighfar tidak hanya dianjurkan dibaca setelah sholat, tetapi di waktu-waktu lain pun, dianjurkan untuk membaca kalimat istighfar. 

Menurut Nor Kholish Reefani, dalam bukunya Agar Doa Dikabulkan Allah, Rasulullah SAW mencontohkan membaca istighfar sebanyak mungkin, untuk memotivasi diri kita agar selalu bertobat kepada Allah SWT. 

Baca Juga

Oleh karena itu, bagi siapa saja yang rutin membaca istighfar, maka akan mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan juga keluarganya. Berikut ini ayat-ayat Alquran yang menjelaskan keutamaan istighfar: 

1. Dapat membuat seseorang memiliki sifat rendah diri di hadapan Allah SWT. Allah berfirman: 

 قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَٰلِكُمْ ۚ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِالصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka. (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur." (QS Ali Imran ayat 15-17)

2. Agar tidak menjadi orang zalim. Orang yang banyak beristighfar maka dia akan terhindar dari sifat kezaliman, karena ia sudah mengakui bahwa dirinya sebagai orang yang bersalah. Allah SWT berfirman: 

وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ "Barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (QS Al-Hujurat [49]: 11)

Baca juga: Amalan Para Nabi yang Langgengkan Nikmat dan Lancarkan Rezeki Menurut Alquran

3. Lebih dicintai Allah SWT  

Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang mau bertobat. Allah SWT berfirman: 

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri." (QS Al-Baqarah ayat 222)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement