Senin 26 Feb 2024 10:04 WIB

Makkah Kerahkan Ribuan Pekerja Sambut Jamaah Selama Ramadhan

Pemkot Makkah telah menyusun program untuk mengatasi perkiraan masuknya jamaah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Seperti diketahui, Ramadhan menandai musim puncak umroh atau ziarah kecil di Masjidil Haram di Makkah. Di bulan suci ini, umat ​​​​Islam berpantang makan dan minum setiap hari dari fajar hingga matahari terbenam selama bulan Ramadhan yang diperkirakan tahun ini dimulai pada 11 Maret 2024.

Setelah melakukan umroh di Makkah, banyak peziarah yang menuju ke kota Madinah untuk sholat di Masjid Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam dan mengunjungi landmark Islam lainnya di kota tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi juga telah memperkenalkan sejumlah fasilitas bagi umat Islam yang ingin datang ke negara tersebut untuk melakukan umroh. Dalam menentukan awal Ramadhan, pemerintah Indonesia biasanya akan melakukan sidang Istbat terlebih dahulu. Dikutip dari laman resmi Kemenag, Kementerian Agama RI rencananya akan melaksanakan pemantauan Hilal (rukyatulhilal) awal Ramadhan pada 10 Maret 2024.

Pemantauan tersebut bertepatan dengan 29 Sya'ban 1445 H serta dilakukan di 134 titik di seluruh Indonesia. Hasil pemantauan hilal itulah yang juga akan menentukan kapan dimulainya puasa Ramadhan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement