Ahad 18 Feb 2024 07:52 WIB

20 Proyek Jalan Sepanjang 285 KM akan Hubungkan Wilayah Kota Makkah

Makkah Luncurkan proyek sebesar Rp5,8 triliun untuk jalan raya

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Jalan yang menghubungkan Jeddah dan Makkah (ilustrasi). Makkah Luncurkan proyek sebesar Rp5,8 triliun untuk jalan raya
Foto: Saudi Gazette
Jalan yang menghubungkan Jeddah dan Makkah (ilustrasi). Makkah Luncurkan proyek sebesar Rp5,8 triliun untuk jalan raya

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH-Wakil Emir Wilayah Makkah, Pangeran Saud bin Mishaal meluncurkan 20 proyek jalan raya di wilayah tersebut dengan total panjang 385 km. Proyek tersebut diperkirakan menelan biaya sebesar 1,4 miliar Riyal Saudi atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Pangeran Saud mengucapkan terimakasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri, Mohammed bin Salman atas dukungan besarnya di berbagai bidang.

Baca Juga

Dia menilai kehadiran proyek ini bentuk kepedulian Raja Salman dan Mohammed bin Salman terhadap sistem transportasi yang akan memudahkan para jamaah yang beribadah ke Makkah.

"Hal ini juga mencapai tujuan visi Kerajaan untuk menghubungkan kota, pusat, desa dan wilayah dengan jaringan transportasi jalan dan darat yang terintegrasi, modern dan aman,” ujarnya dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (18/2/2024).

 

Peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan dan Logistik dan Ketua Dewan Direksi Badan Umum Jalan Eng. Saleh Al-Jasser, Penjabat CEO Otoritas Jalan Umum Eng. Badr Al-Dalami. Peluncuran digelar di markas besar emirat di Jeddah pada hari Kamis, (16/2/2024).

Pangeran Saud meresmikan jalan langsung yang menghubungkan kota Jeddah ke sebagian Makkah sepanjang 24 km dengan perkiraan biaya 431 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 1,7 triliun. Kemudian juga proyek penggandaan Jalan Allaith, Makkah sepanjang 90 km dengan biaya menelan 169 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 7 miliar.

Baca juga: 4 Perkara yang Bisa Menghambat Rezeki Keluarga Menurut Alquran

Proyek ini akan berkontribusi dalam melayani jamaah haji dan umrah yang datang dari selatan Kerajaan dan mereka yang melewati Miqat Yalamlam, serta melayani desa-desa dan kota-kota yang berdekatan dengan jalan raya.

Kemudian proyek ini juga mencakup penggandaan Jalan Bisha – Raniyah – Al-Khurma dengan panjang 114 km dengan biaya 271 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 1,1 Triliun untuk melayani wisatawan ke wilayah Makkah dari selatan dan pusat Kerajaan.

Sedangkan proyek penggandaan Jalan Hudn-Turba sepanjang 48 km dengan biaya 82 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 300 miliar.

Serta proyek penggandaan dan penerangan Jalan Al-Iwaa Center sepanjang 9 km dengan menelan biaya 38 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 158 miliar untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di titik pengelompokan jamaah yang terletak di poros Jalan Pangeran Mohammed bin Salman selama haji dan umrah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement