Jumat 26 Jan 2024 13:33 WIB

Satu dari Tiga Orang Amerika Anggap Israel Lakukan Genosida di Gaza

Hampir separuh warga Amerika berusia 19-30 tahun menganggap Israel lakukan genosida.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak Palestina yang terlantar memegang panci kosong sambil menunggu bantuan makanan yang diberikan kelompok pemuda Palestina di kamp pengungsi Rafah, Jalur Gaza Selatan, 25 Januari 2024.
Foto:

Pengumuman hasil jajak pendapat tersebut dilakukan ketika Mahkamah Internasional (ICJ) mengumumkan mereka akan mengambil keputusan pada Jumat (26/1/2024) hari ini mengenai genosida yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel. Dengar pendapat publik untuk kasus ini diadakan awal bulan ini.

Sekelompok pengacara Afrika Selatan mengatakan pada Januari mereka sedang mempersiapkan kasus terhadap Amerika Serikat dan Inggris atas keterlibatan mereka dalam kejahatan perang Israel.

Sedangkan politikus AS sebagian besar mengecam kasus Afrika Selatan. Awal pekan ini, lebih dari 200 anggota Kongres AS menandatangani surat kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang mengecam kasus tersebut yang menurut mereka sangat tidak berdasar dan melakukan tuduhan palsu dan berbahaya terhadap negara Yahudi.

Meskipun dukungan luas terhadap Israel terus berlanjut di kalangan politikus AS, sebagian masyarakat secara vokal menentang perang Israel di Gaza. Sebuah jajak pendapat, yang hasilnya dipublikasikan bulan lalu menemukan lebih dari separuh anak berusia 18 hingga 24 tahun di AS mendukung Hamas dibandingkan Israel dalam perang Gaza. Namun, dukungan terhadap kelompok Palestina jauh lebih rendah di kalangan lansia Amerika. Semakin banyak warga Amerika yang melakukan protes besar-besaran terkait perang tersebut. Para pengunjuk rasa menyerukan agar serangan gencar segera diakhiri dan Amerika Serikat harus menghentikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement