Jumat 26 Jan 2024 13:33 WIB

Satu dari Tiga Orang Amerika Anggap Israel Lakukan Genosida di Gaza

Hampir separuh warga Amerika berusia 19-30 tahun menganggap Israel lakukan genosida.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak Palestina yang terlantar memegang panci kosong sambil menunggu bantuan makanan yang diberikan kelompok pemuda Palestina di kamp pengungsi Rafah, Jalur Gaza Selatan, 25 Januari 2024.
Foto: EPA-EFE/HAITHAM IMAD
Seorang anak Palestina yang terlantar memegang panci kosong sambil menunggu bantuan makanan yang diberikan kelompok pemuda Palestina di kamp pengungsi Rafah, Jalur Gaza Selatan, 25 Januari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan jajak pendapat terbaru, satu dari tiga orang Amerika Serikat (AS) menganggap Israel telah melakukan genosida terhadap warga Palestina. Namun, opini publik di Amerika mengenai perang tersebut masih sangat terpecah.

Jajak pendapat Economist/YouGov yang diterbitkan pada Rabu (25/1/2024) menunjukkan 35 persen orang dewasa di AS percaya serangan militer Israel terhadap Palestina sama dengan genosida. Jumlah serupa, 36 persen, tidak setuju dan 29 persen lainnya menyatakan ragu-ragu mengenai masalah tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Terjemahan

Dilansir The New Arab, Jumat (26/1/2024), jajak pendapat yang dilakukan antara 21 dan 23 Januari 2024 tersebut menemukan perbedaan pendapat yang besar antara berbagai kelompok umur dan afiliasi politik. Hampir separuh penduduk berusia 19 hingga 30 tahun, 49 persen di antaranya mengatakan Israel melakukan genosida di Palestina.

Persentase yang sama dari anggota Partai Demokrat setuju genosida sedang dilakukan terhadap warga Palestina. Sementara, anggota Partai Republik dan orang-orang lanjut usia jauh lebih mendukung tindakan Israel. Sebanyak 57 persen anggota Partai Republik mengatakan genosida tidak terjadi di Gaza dibandingkan dengan 29 persen anggota Partai Demokrat.

Seperti diketahui, hampir 26 ribu orang telah terbunuh di Gaza sejak Israel melancarkan perangnya di wilayah Palestina pada 7 Oktober 2024. Israel telah melakukan pengeboman tanpa pandang bulu dan eksekusi di lapangan selama kampanye mereka.

Israel juga telah menodai kuburan dan menyiksa warga Palestina yang ditahan di Gaza. Di Tepi Barat yang diduduki, ratusan warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel sejak bulan Oktober saja.

Pengumuman hasil jajak pendapat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement