Senin 22 Jan 2024 22:53 WIB

4 Alasan Mengapa Islamofobia Mengintai Umat Islam?

Islamofobia merusak hak umat Islam

Unjuk rasa aksi Islamofobia di Prancis. Islamofobia merusak hak umat Islam
Foto:

Ini mungkin sejalan dengan yang pernah diriwayatkan Rasulullah: Pada akhir zaman nanti, Islam akan diperlakukan persis seperti Islam pertama kali datang.

Ketika pertama kali Islam lahir, agama ini dianggap aneh, selaludicurigai, dituduh dengan macam-macam tuduhan, inilah yang kita saksikan sekarang, apa pun yang berbau “Islam” selalu dianggap aneh dan salah. 

Kalau ada oknum pihak Muslim melukai pihak lain, seluruh negara ribut, tapi kalau umat Islam yang disakiti, dianggap persoalan biasa. Lebih parahnya lagi, umat Islam sendiri pun yang terjangkit penyakit Islamofobia ini ikut-ikutan merasa alergi dengan saudaranya yang Muslim, saudaranya yang konsisten memercayai agama Islam sebagai agama yang benar. 

Mereka akan dianggap sebagai penganut agama yang eksklusif, lalu dinaikkan menjadi fanatik, dinaikkan lagi “maqam”-nya menjadi fundamentalis, dan ujungnya menjadi maqam tertinggi, yaitu radikal.

Di tingkat internasional pun tak kalah ironis. Kalau negara non-Muslim mengembangkan nuklir tidak dianggap sebuah kesalahan, tapi kalau negara Islam yang mengembangkan nuklir—walaupun untuk tujuan perdamaian—dilarang karena melanggar hak-hak internasional. 

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Maka, tak jarang sebuah negara Islam ketika mulai membahayakan kepentingan Barat dan Yahudi, saat itulah label fundamentalis dan tuduhan lain selalu ditempelkan dengan tujuan negara tersebut dimusuhi dunia internasional. 

Hal ini juga dialami oleh negara Islam yang menunjukkan sikap keras dan pendirian yang tegas. Itu semua harus dibayar mahal dengan disingkirkan dari pergaulan ekonomi dunia dan menuai resolusi embargo dari PBB yang memang sejak dulu menjadi stempel terhadap semua keinginan Barat. Mungkin, ini juga salah satu alasan mengapa jabatan sekjen PBB selalu diserahkan kepada negara-negara kecil.

*Naskah Okrisal Eka Putra, Lc, MA, tayang di Harian Republika 2010   

photo
Infografis Islamofobia Makin Memburuk di Eropa - (TRT World/Daily Sabah)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement