Sabtu 06 Jan 2024 14:00 WIB

Kemenag Luncurkan Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur

Selain pencitraan 360 derajat, sensasi Candi Borobudur juga bisa dirasakan dengan VR.

Candi Borobudur, Jawa Tengah. Bimas Buddha memeriahkan HAB Ke-78 Kemenag dengan meluncurkan satu fasilitas pemanfaatan Candi Borobudur untuk kepentingan edukasi umat Buddha Indonesia dan dunia.
Foto:

Saat ini, masyarakat hanya bisa melihat relief bangunan candi. Supriyadi mengatakan pihaknya akan dilengkapi dengan informasi-informasi mengenai relief, baik secara teks maupun audio.

 

"Yangkami luncurkan ini masih tahap pertama, nanti ke depan akan terus dikembangkan lagi. Kami ingin menjadikan Candi Borobudur sebagai edukasi dan religi," kata dia.

 

Pemilik Studio Ubud Lindra Hismanto yang digandeng untuk menggarap proyek ini mengatakan butuh sekitar 700-an foto panorama pencitraan baru untuk memvisualisasikan Candi Borobudur secara detail. Masyarakat yang ingin merasakan sensasi melihat Candi Borobudur, baik secara 360 derajat maupun VR, dapat mengunjungi situs https://bimasbuddha.kemenag.go.id/borobudur/360/.

"Kami juga menghitung cahaya matahari saat proses pengambilan gambar agar foto-foto yang diambil bisa maksimal," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement