Jumat 05 Jan 2024 15:37 WIB

Bule Italia Ikut Ramaikan Nikah Massal Kemenag di JCC

Pasangan yang menikah langsung mendapatkan kartu nikah, KTP terbaru, dan uang.

Pria asal Italia, Luca, bersama pasangannya saat melangsungkan pernikahan di JCC, Senayan, dalam perayaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, Jumat (5/1/2024).
Foto: ANTARA/Asep Firmansyah
Pria asal Italia, Luca, bersama pasangannya saat melangsungkan pernikahan di JCC, Senayan, dalam perayaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, Jumat (5/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama menggelar acara nikah massal di acara Devotion Experience (Dev-X) Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama. Salah satu pesertanya adalah pria berkebangsaan Italia, Luca.

 

Baca Juga

Acara yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (5/1/2024) ini diikuti oleh 78 pasangan dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

 

"Ini adalah perasaan luar biasa karena tidak terbayangkan sebelumnya. Saya mengira hanya akan jadi pernikahan biasa, tapi ternyata sangat luar biasa," ujar Luca seusai mengikuti nikah massal.

 

Luca yang pertama kali menginjakkan kaki ke Indonesia pada 2015 ini mengaku menikah di JCC bersama 77 pasangan lain menjadi pengalaman berharga dan tidak akan terlupakan dalam hidupnya.

 

"Setelah ini saya berharap pernikahan kami akan bahagia," kata dia.

 

Hal senada disampaikan pasangannya, Dalilah. Ia mengutarakan rasa bahagianya. Bahkan dirinya tidak menyangka akan melangsungkan pernikahan di JCC.

 

"Awalnya mau nikah di KUA, terus ditelepon diberi kesempatan untuk nikah di JCC ini, terus kami ngobrol ternyata dia (Luca) mau. Senang banget," kata Dalilah.

 

Ia juga tidak menyangka nikah massal yang digelar Kementerian Agama akan semeriah ini. Para pasangan, kata dia, tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya merias wajah secara mandiri.

 

"Perasaannya pasti happy banget ya. Sekali seumur hidup dan ini pokoknya happy banget deh dikasih kesempatan ini. Surprise banget," kata dia.

 

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin bersyukur acara nikah massal ini disambut antusias masyarakat. Menurut dia, para pasangan yang menikah langsung mendapatkan kartu nikah dan KTP terbaru. Selain itu, mereka juga diberikan uang sebesar Rp 500 ribu.

 

"Jadi sebagai bentuk rasa syukur atas perayaan ke-78 Kementerian Agama. Sebagian besar peserta anak muda, ada tapi yang sudah berumur juga ada, bahkan ada orang bule juga dari Italia," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement