Ahad 31 Dec 2023 09:40 WIB

Mewah, Ini Masjid Pertama dengan Arsitektur Barok di Qatar

Seluruh elemen dekoratif dan kaligrafi dilukis dengan tangan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani yang baru saja diresmikan di Pulau Mutiara, Qatar. Masjid ini menjadi masjid pertama berarsitektur barok.
Foto:

Di sekeliling masjid terdapat pemandangan menghijau, dihiasi dengan banyak pepohonan dan tanaman, memberikan rasa ketenangan dan keindahan alam. Lebih dari sekadar keajaiban arsitektur, masjid ini dirancang untuk mengakomodasi beragam kebutuhan jamaah dengan kapasitas untuk 2.441 jamaah laki-laki dan 247 jamaah perempuan.

Akses difasilitasi oleh dua eskalator. Lift, termasuk dua untuk perempuan dan empat untuk laki-laki menambah kenyamanan. Lift tambahan diperuntukkan bagi imam. Komitmen masjid terhadap aksesibilitas juga tercermin dalam fasilitas parkirnya yang memiliki 262 slot di ruang bawah tanah, dengan ketentuan untuk perluasan di masa depan.

Sejalan dengan prinsip inklusivitas, fasilitas wudhu telah dirancang dengan cermat. Untuk laki-laki, terdapat 28 toilet dan tempat wudhu, dengan dua fasilitas khusus untuk individu dengan mobilitas terbatas. Perempuan mempunyai akses terhadap sembilan toilet dan tempat wudhu, letaknya strategis di basement dan berdekatan dengan musala.

Fasilitas tambahan melayani perempuan dengan mobilitas terbatas. Kemegahan Masjid Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani meningkatkan daya tarik wisata pulau ini, menawarkan pengunjung dan penduduk tempat yang tenang untuk beribadah dan refleksi, menjadikannya tujuan yang wajib dikunjungi sebagai salah satu monumen Islam paling luar biasa di kawasan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement