Rabu 21 Feb 2024 14:56 WIB

Ikuti Jejak Nabi Muhammad, Qatar Resmikan Masjid Al Mujadilah Khusus Wanita

Muslimah dapat beribadah dengan nyaman di lingkungan yang disesuaikan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Akhir Januari lalu, Qatar telah meresmikan sebuah masjid Al Mujadilah yang didirikan khusus untuk Muslimah dari segala usia.
Foto: Al-Mujadilah Center and Mosque for Women
Akhir Januari lalu, Qatar telah meresmikan sebuah masjid Al Mujadilah yang didirikan khusus untuk Muslimah dari segala usia.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Akhir Januari lalu, Qatar telah meresmikan sebuah masjid Al Mujadilah yang didirikan khusus untuk Muslimah dari segala usia. Pendirian masjid khusus wanita ini ternyata mengikuti jejak Rasulullah saw.

Dilansir dari TRT World, Selasa (20/2/2024), seorang muslimah, Salwa Sadek melangkah kaki ke masjid yang baru dibuka di Doha itu. Setelah seharian bekerja, jurnalis berusia 26 tahun itu senang melihat halaman masjid dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau, mengilhami lingkungan sekitar dengan perasaan oasis.

Baca Juga

"Ini sangat menyembuhkan dari saat Anda pertama kali menginjakkan kaki, dan Anda merasa itu adalah ruang yang aman. Desainnya sendiri membuat Anda merasa benar-benar disambut di sini," kata Sadek kepada TRT World.

Masjid ini terletak di jantung Kota Pendidikan tersebut dengan luas mencapai 12 kilometer persegi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki ruang kajian, perpustakaan, hingga kafe.

Masjid konvensional pada umumnya memiliki bagian yang khusus diperuntukkan bagi jamaah wanita. Misalnya, di area belakang, sudut, lebih kecil, dan kurang terawat.

"Anda tidak dapat melihat bagian mana pun dari masjid. Seolah-olah saya lebih suka berdoa di rumah daripada terjebak di empat dinding ini," katanya.

Tetapi Al-Mujadilah berbeda, di sini muslimah bisa melihat seluruh sudut area masjid. Mereka dapat beribadah dengan nyaman di lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan multifaset mereka, mendorong inklusivitas, dan menegaskan pentingnya keterlibatan spiritual yang sama untuk semua.

Al-Mujadilah didirikan mengikuti studi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement