Kamis 28 Dec 2023 22:29 WIB

Habib Jafar Ajak Gus dan Ning Aktif Dakwah di Media Sosial

Ilmu dari gus dan ning sangat banyak tetapi hanya tersebar di kalangan terbatas.

 Habib Husein Jafar Al Hadar menyampaikan tausiyah pada gelaran Republika Festival Hijriah di Gedung Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/8/2023).
Foto:

Dia menghadiri acara Recharge, yang merupakan rangkaian Haul Kiai Bisri Syansuri, yang diselenggarakan PP Matan. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pengasuh Pesantren Denanyar Jombang, Ketua Umum Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thariqah al Mu'tabarah an Nahdliyyah (Matan) Hasan Chabibie, kiai-kiai dan nyai muda dari beberapa pesantren di Jawa Timur, serta ribuan santri dari beberapa pesantren.

Ketua Umum PP Matan Hasan Chabibie ikut mendorong para santri yang berjuang di medan dakwah dan pengetahuan bisa terus bersama-sama khidmat. Dia dan jaringan selalu siap serta menyediakan diri untuk berkolaborasi dengan berbagai komunitas santri dalam perjuangan dakwah di media-media sosial.

Sementara, kiai muda dari Pesantren Lirboyo Kediri Gus Abdurrohman Kafa mengatakan santri-santri masa kini harus memahami pentingnya perjuangan dalam mencari ilmu.

Menurut dia, para ulama zaman dahulu berjuang mendapatkan ilmu serta mengajarkan dengan kesungguhan yang luar biasa. Contohnya, Imam al-Ghazali yang mengisahkan betapa dalam seluruh hidupnya digunakan dalam proses khidmat untuk pengetahuan. Bahkan, ada masa panjang dalam perjuangan agar bisa mendapatkan ilmu yang diinginkan. Ia juga mengajak para santri terus meneladani kiai-kiai dan ulama terdahulu dalam semangat berdakwah, mengaji, dan mengajar santri.

"Inilah bagian dari khidmat terpenting menjadi santri pada masa kini," kata Gus Abdurrohman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement