Rabu 06 Dec 2023 21:38 WIB

95 Persen Muslim Taati Fatwa Palestina, Persis: Indikasikan Tingginya Kepercayaan Umat

Persis mengapresiasi ketaatan umat terhadap fatwa MUI

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin mengapresiasi ketaatan umat terhadap fatwa MUI
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin mengapresiasi ketaatan umat terhadap fatwa MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), KH Jeje Zaenudin bersyukur ataa hasil riset yang menyatakan 95 persen muslim taat pada Fatwa MUI tentang dukungan terhadap perjuangan Palestina hingga pemboikotan produk. 

Menurut dia, hasil riset yang dilakukan PUSFAHIM UIN Jakarta tersebut menunjukkan tingginya kepercayaan publik atas fatwa MUI soal Palestina. 

Baca Juga

"Alhamdulillah, kami bersyukur atas hasil riset ini. Karena hasil riset ini mengindikasikan tingginya kepercayaan umat atas fatwa MUI," ujar Kiai Jeje saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (6/12/2023).

Menurut dia, tingkat kepercayaan itu berdampak signifikan kepada tingkat ketaatan atau kepatuhan terhadap isi fatwa, sehingga MUI bisa efektif dalam melaksanakan tugasnya. 

 

"Maka MUI sebagai lembaga kepemimpinan ulama dapat efektif melaksanakan tugasnya dalam membimbing, menunutun, dan mengarahkan umat kepada kebaikan," ucap Kiai Jeje.

Sebelumnya, Pusat Studi Fatwa dan Hukum Islam (PUSFAHIM) UIN Jakarta merilis hasil riset terkait dengan Fatwa MUI dan Pengaruhnya di tengah masyarakat, dengan studi kasus pada Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan terhadap Perjuangan Palestina. 

Baca juga: Pesan Rasulullah SAW: Jangan Pernah Tinggalkan Sholat 5 Waktu

Hasil survei tim Riset PUSFAHIM UIN Jakarta menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti Fatwa MUI terkait Palestina. Sebanyak 95 persen menyatakan bersedia untuk menaati dan melaksanakan fatwa MUI.

Survei dilakukan terhadap 1.014 responden yang diperoleh secara acak melalui google form. Dengan metode ini, tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, sedangkan margin of error lebih kurang 1,79 persen.

“Riset ini menemukan bahwa fatwa MUI memiliki daya terima yang sangat tinggi di tengah masyarakat. 95 persen responden menyatakakan menaati dan melaksanakan fatwa MUI,” ujar Peneliti PUSFAHIM UIN Jakarta, Musa Wardi dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (5/12/2023).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement