Senin 04 Dec 2023 23:37 WIB

Di Rakernas UPZ, Kiai Noor Pastikan tidak Ada Kapitalis di Baznas

Baznas menggelar Rakernas UPZ perkuat organisasi

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Baznas RI Prof KH Noor Ahmad menyatakan pentingnya optimalisasi potensi zakat.
Foto:

 

Menurut kiai Noor, ada banyak program yang bisa dilakukan bersama, seperti beasiswa, membangun rumah sehat di daerah-daerah perbatasan, kampung zakat, dan sebagainya. 

“Jadi dilaksanakannya rakarnas ini, yang pertama mengingatkan semua pengurus UPZ untuk meningkatkan kualitas pengumpulan, maksimalkan pengumpulan. Kedua, sinergitas dalam penyampaian program-program atau dalam melakasanakan bagaimana mengentaskan kemisminan dan mensejaherahkan umat,” terang Kiai Noor. 

BAZNAS memiliki kewenangan membentuk UPZ sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat pasal 16 dan PP 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU No. 23 tahun 2011 pasal 53.

Baca juga Penjelasan Alquran Mengapa Bangsa Yahudi Kerap Membuat Kekacauan

Selain itu juga respons atas Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2014, tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian atau Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah Melalui Badan Amil Zakat Nasional. 

Raker UPZ Baznas 2023 ini dihadiri oleh 133 UPZ BAZNAS yang terdiri atas 12 UPZ Kementerian, 31 UPZ Lembaga Negara, 42 UPZ BUMN, dan 48 UPZ Swasta.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan dan Kajian, Prof Dr Zainulbahar Noor, Sekretaris Utama Bazna RI Dr Muchlis Muhammad Hanafi,  serta Direktur Pengumpulan Badan, Ustadz H Faisal Qosim, Lc, MA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement