Ahad 03 Dec 2023 16:03 WIB

Masyarakat Maluku Utara Donasi Rp 1 Miliar untuk Palestina

Massa menyuarakan pembebasan serta kemerdekaan bagi Palestina.

Ribuan masyarakat Maluku Utara bersama tokoh agama dan masyarakat menghadiri aksi bela Palestina dipusatkan Landmark, Kota Ternate, Ahad (3/12/2023).
Foto: ANTARA/Abdul Fatah
Ribuan masyarakat Maluku Utara bersama tokoh agama dan masyarakat menghadiri aksi bela Palestina dipusatkan Landmark, Kota Ternate, Ahad (3/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Ribuan masyarakat Maluku Utara (Malut) bersama tokoh agama dan masyarakat menghadiri aksi bela Palestina yang dipusatkan di Landmark Kota Ternate, Ahad (3/12/2023). Mereka mendonasikan dana Rp 1 miliar lebih.

Masyarakat yang berasal dari lintas agama dan organisasi ini memenuhi pusat Kota Ternate. Mereka menyuarakan pembebasan serta kemerdekaan bagi Palestina.

Baca Juga

Dalam aksi yang dihadiri langsung oleh aktivis kemanusiaan di Palestina asal Galela, Malut, Abdillah Onim itu massa juga mendesak dihentikannya kejahatan kemanusiaan di Jalur Gaza.

"Ada amanah konstitusi, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, sehingga Palestina harus merasakan kemerdekaan dan hidup berdampingan di Jalur Gaza.  Dukungan masyarakat Malut melalui donasi pada hari ini membuktikan kecintaan masyarakat Malut atas Palestina," kata Abdillah Onim dalam orasinya.

 

Dia menyatakan setelah di Ternate dirinya bersama keluarga akan kembali ke Palestina untuk menjadi relawan jika kondisinya mulai kondusif. Menurut mantan kontributor salah satu televisi swasta ini, kejahatan zionis terhadap masyarakat Palestina adalah genosida terhadap etnis.

Untuk itu, umat Muslim termasuk di Malut benar-benar berkewajiban memberi dukungan kepada warga Palestina. Pada kesempatan itu, warga yang menghadiri aksi bela Palestina berhasil mengumpulkan donasi Rp 1 miliar lebih untuk membantu perjuangan Palestina.

Aksi bela Palestina itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa bersama untuk kemerdekaan Palestina. Koordinator aksi Hasby Yusuf menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Malut yang bersama-sama menunjukkan kepedulian dengan memberikan sumbangan secara sukarela untuk masyarakat Palestina.

Dalam kesempatan itu juga hadir Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, Ketua MUI Ternate Usman Muhammad, Ketua ICMI Orwil Malut Kasman Hi Ahmad, anggota DPD-RI asal Malut Husain Alting Sjah dan sejumlah tokoh agama di Malut.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement