Senin 27 Nov 2023 13:59 WIB

AMSI Dorong Pembentukan Kepeloporan Pemuda Desa

Budaya nusantara sangat kaya.

AMSI menggelar pelatihan kepeloporan seni budaya dan rapat kerja nasional
Foto: dok amsi
AMSI menggelar pelatihan kepeloporan seni budaya dan rapat kerja nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Satuan Karya Ulama Indonesia (DPP AMSI) gelar pelatihan kepeloporan seni budaya dan rapat kerja nasional dengan tema "peran pemuda dalam melestarikan nilai nilai seni dan budaya di Indonesia" Hotel Puri Kayana Serang Banten, dalam keterangan persnya (27/11).

Kegiatan Pelatihan Kepeloporan seni budaya yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 27-28 november 2023, menghadirkan peserta dari pengurus AMSI dari pusat, provinsi hingga Kabupaten.

Baca Juga

Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Drs. Zainal Aminin M.Pd.M.Si, mengungkapkan organisasi kepemudaan AMSI sudah memberikan masukan terkait konsep pembentukan kepeloporan pemuda desa. 

Ia mengungkapkan AMSI menjalin kerja sama dengan Kemenpora RI adalah salah satu kegiatan strategis dimana banyak hal yang bisa di kerjasamakan.

 

AMSI sebagai organisasi kepemudaan yang memiliki AD/ART dimana kepengurusan AMSI dari pusat sampai tingkat daerah di sini punya potensi bisa bekerjasama antara AMSI daerah dengan dinas pemuda dan olahraga di seluruh Indonesia.

Ia mengungkapkan kegiatan yang akan kami dorong utuk bisa bekerja sama dengan AMSI awal awal di mulai dari Dinas Pemuda olahraga dan pariwisata Provinsi Banten, Ungkapnya.

Zaenal Aminin juga mengajak AMSI yang minat diberbagai bidang seperti kepeloporan di bidang seni dan budaya untuk bisa di kembangkan dimana Ia menyiapkan pusa pengembangan bidang seni salah satuhya di serang banten ada podcast yang bisa di berdayakan untuk pengembangan pemuda yg memiliki minat.

Ketua Umum DPP AMSI Ade Akbar Khadafi, SE dalam sambutan pelatihan kepeloporan seni budaya memberikan contoh potensi pengembangan seni budaya luar negeri dimana budaya K-POP dari Korea Selatan bisa mendunia.

Ade mengungkapkan kenapa budaya nusantara yang sangat kaya tidak bisa, di sini peran kepeloporan pemuda perlu di tingkatkan untuk menggali potensi seni budaya Indonesia agar bisa turut bersaing mendunia.

Turut hadir narasumber pelatihan kepeloporan seni dan budaya Ibu Lita Rahmiati, S.Sos MPP , Kepala kantor balai pelestarian kebudayaan wilayah VIII Kemendikbud dan di memodatori oleh Azrizal Nasri, M.I.Kom Sekretaris Jenderal DPP AMSI.

Lita Rahmiati, Seni Budaya di Provinsi Banten lebih di peninggalan warisan budaya terkait kepercayaan seperti adanya wihara dari masa kolonial belanda yg masih bertahan sampai saaat ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement