Selasa 11 Jul 2023 16:35 WIB

LSBPI MUI akan Gelar Kongres Budaya Umat Islam

Kongres Budaya Umat Islam Indonesia akan melibatkan berbagai ahli.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
LSBPI MUI akan Gelar Kongres Budaya Umat Islam. Foto:   Ustaz Erick Yusuf
Foto: republika
LSBPI MUI akan Gelar Kongres Budaya Umat Islam. Foto: Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) MUI Pusat punya hajat besar di akhir bulan ini, yaitu menggelar acara Kongres Budaya Umat Islam Indonesia (LSBPI). Kongres Budaya ini akan diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menurut Wakil Ketua LSBPI MUI yang juga Ketua Kongres Budaya Umat Islam Indonesia, Ustadz Erick Yusuf, acara akan digelar pada 26 Juli 2023 sejak pagi hingga sore hari. Kemudian pada malam harinya akan digelar acara milad MUI yang, menurut rencana akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga

Ustadz Erick menambahkan, “Kongres tersebut akan membicarakan ihwal seni budaya Islam di Indonesia,” kata Erick dalam siaran pers, Selasa (11/7/2023).

“Karena ini adalah sebuah perjalanan panjang dari Ketua MUI yang sebelumnya, KH Ma’ruf Amin (kini Wapres) yang kemudian mengamanatkan bahwa  dengan adanya berbagai masalah tentang seni budaya di keumatan, maka diperlukan sebuah kajian yang bisa menentukan arah bagaimana sebetulnya seni budaya Islam di Indonesia,” lanjutnya.

Erick menyebutkan, Kongres Budaya Umat Islam Indonesia itu telah melewati perjalanan panjang yang telah dilakukan oleh LSBPI MUI dari mulai Munas, FGD-FGD Road to Kongres, serta  Multaqo seniman dan budayawan Indonesia. Dari kegiatan FGD dan Multaqo itu menghasilkan  rekomendasi-rekomendasi  dari para ahli/ akademisi ekspert yang memberikan pandangan-pandangannya.

“Dan ini diharapkan menjadi sebuah oase di tengah dahaganya pembahasan-pembahasan yang bisa memberikan insight atau wawasan bahkan tuntunan kepada masyarakat, khususnya umat Muslim,” papar Erick.

Lebih jauh, Erick mengungkapkan, Kongres Budaya Umat Islam Indonesia  akan melibatkan berbagai ahli dan orang-orang alim dari berbagai daerah, yang akan terlibat dalam gagasan yang diwadahi oleh Kongres Budaya Umat Islam.

“Kami mohon doa dan dukungan dari semuanya untuk mensukseskan acara ini supaya kita bisa  memberikan sebuah resolusi, sebuah rekomendasi, sebuah blue print, arah yang bisa menjadi cahaya bagi para pemikir, para praktisi , para pemerhati, pegiat dan penikmat seni dan budaya Islam khususnya di Indonesia,” kata Ustadz Erick Yusuf.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement