Rabu 22 Nov 2023 18:31 WIB

Pemprov dan Baznas Riau Salurkan Bantuan untuk Palestina Rp 5,6 Miliar

Dana bantuan Palestina dihimpun beberapa waktu yang lalu di Provinsi Riau.

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda
Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di kantor Baznas Pusat, Rabu (22/11/2023).
Foto: Republika/ Mabruroh
Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di kantor Baznas Pusat, Rabu (22/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau, menyalurkan infak kemanusiaan Palestina melalui Baznas RI, sebesar Rp 5,6 miliar. Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution bersama Ketua Baznas Riau, Masriadi Hasan di kantor Baznas RI. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah disediakan. Kami menyampaikan amanah dari masyarakat Riau melalui Baznas bersama dengan Pemprov Riau, untuk diserahkan kepada Baznas Pusat untuk disalurkan ke Palestina," kata Edy di kantor Baznas Pusat, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

Edy menjelaskan, dana bantuan tersebut dihimpun beberapa waktu yang lalu di Provinsi Riau, kerja sama antara Baznas dan Pemerintah Provinsi Riau termasuk pengurus masjid An Nur, di Pekanbaru. “Pada malam itu dana terkumpul kurang lebih Rp 5,6 miliar, artinya di sini terlihat semangat masyarakat Provinsi Riau untuk saling bisa merasakan apa yang dirasakan oleh sebagian saudara-saudara kita yang sekarang sedang berjuang (di Gaza),” ujar Edy.

“Mereka di sana berjihad dengan jiwanya. Kita berjihad dengan harta. Karena ini memang yang harus kita lakukan secara bersama-sama, apa yang bisa kita lakukan di tempat kita, mari kita laksanakan sekecil apapun. Oleh karena itu pada hari ini kami menyerahkan (dana bantuan) itu kepada wakil Ketua baznas dengan harapan bisa disalurkan sampai tempat tujuan,” ujarnya.

Edy berharap, apa yang terjadi saat ini segera berakhir serta kepada para penduduk Palestina diberikan ketabahan. “Insha Allah dan yakin lah kalau Allah selalu ada bersama kita,” katanya.

photo
Pemerintah Provinsi Riau bersama Baznas Provinsi Riau, menyalurkan infak kemanusiaan Palestina melalui BAZNAS RI, sebesar Rp 5,6 miliar di kantor Baznas pusat, Jakarta, pada Rabu (22/11/2023). - (Republika/ Mabruroh)

 

Edy menambahkan selama ini, Pemprov Riau selalu membangun komunikasi dengan alim ulama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum. Menurutnya, komunikasi ini yang dapat memperkuat solidaritas seluruh elemen di Riau.

Salah satu hasil komunikasi yang dibangun kata Edy, adalah terselenggaranya tabligh akbar yang diisi Ustaz Abdul Somad. Menurut Edy, tabligh akbar tersebut menjadi yang paling besar dalam sejarah di Riau.

"Bahkan kalau boleh saya katakan, tabligh akbar yang kita laksanakan bersama Ustaz Abdul Somad, mungkin itu menjadi tabligh akbar terbesar dalam sejarah di Provinsi Riau, karena jumlah yang hadir luar biasa banyak sampai ke jalan-jalan," ujar Edy.

Wakil Ketua Baznas RI, Mo Mahdum, menyampaikan terima kasihnya kepada Pemprov dan Baznas Riau yang telah menyalurkan infak kemanusiaan untuk rakyat Palestina melalui Baznas RI.

"Terima kasih kepada Pemprov dan Baznas Riau yang telah menyalurkan infak Palestina melalui Baznas RI. Palestina telah menyatukan masyarakat dunia. Semoga bantuan ini dapat mengurangi derita saudara-saudara kita di sana," kata Mo Mahdum.

Mo Mahdum menuturkan, masyarakat Palestina, terutama di Gaza sangat menderita akibat serangan Israel. Akibatnya, seluruh sekolah maupun rumah sakit sudah tidak beroperasi lagi.

"Di Palestina saat ini, keluar rumah atau gedung saja tidak aman. Sedangkan tinggal terus di rumah juga tidak ada jaminan tidak akan celaka. Jadi kita harus bersyukur tinggal di Indonesia. NKRI nikmat dari Allah ini harus benar-benar kita jaga dan kira rawat terus," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement