Sabtu 18 Nov 2023 16:47 WIB

Optimalkan Pemasaran Produk UMKM Binaan, Baznas Luncurkan ZCorner

ZCorner merupakan Zona Kuliner Halal program pemasaran produk-produk binaan Baznas RI

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan ZCorner di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/11/2023). ZCorner merupakan Zona Kuliner Halal program pemasaran produk-produk binaan Baznas RI yang sudah terintergasi seperti ZCoffee, ZMart, ZChicken dan produk kuliner halal lainnya.
Foto: dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan ZCorner di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/11/2023). ZCorner merupakan Zona Kuliner Halal program pemasaran produk-produk binaan Baznas RI yang sudah terintergasi seperti ZCoffee, ZMart, ZChicken dan produk kuliner halal lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan ZCorner di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/11/2023). ZCorner merupakan Zona Kuliner Halal program pemasaran produk-produk binaan Baznas RI yang sudah terintergasi seperti ZCoffee, ZMart, ZChicken dan produk kuliner halal lainnya.

Peluncuran digelar di Kampus UIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah, oleh Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA bersama Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA, Ketua Baznas Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji, Rektor UIN Walisongo, Semarang, Prof Dr H Nizar Ali, M.Ag yang diwakili Oleh Wakil Rektor I Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Muhammad Saifullah, M.Ag, Kepala Divisi Optimasi dan Pemasaran Produk Mustahik (OPPM) Baznas RI, Deden Kuswanda.

"Alhamdulillah, dengan hadirnya ZCorner di Kampus UIN Walisongo ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya Baznas untuk meningkatkan pendapatan UMKM binaan serta dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru,” ujar Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA. 

Menurutnya, beberapa outlet ZCorner yang sudah terintegrasi berupa Cafe ZCoffee, ZMart dan ZChicken telah dibangun sebagai proyek percontohan. Salah satu titik ZCorner tersebut berada di pelataran samping masjid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 UIN Walisongo, Semarang. 

“Kehadiran ZCorner ini sekaligus juga bisa menguatkan branding dan informasi produk mustahik binaan di dalam Kampus UIN Walisongo. Nantinya di ZCorner ini tersedia beraneka produk UMKM binaan BAZNAS yang telah tersertifikasi halal seperti ZChicken, ZCoffee, Zmart dan produk kuliner halal lainnya yang bisa dinikmati oleh dosen, mahasiswa, tamu, dan masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau,” jelas Prof Noor.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA menambahkan kehadiran ZCorner di lingkungan Kampus UIN Walisongo, Semarang juga dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa menjadi seorang entrepreneur. 

"Dengan adanya ZCorner ini diharapkan bisa menjadi salah satu media publikasi dan sosialisasi produk-produk mustahik binaan BAZNAS dan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa," ujar Saidah.

Selain itu, lanjut Saidah, ZCorner ini tentunya dapat menjadi salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan melayani berbagai tamu atau pengunjung, termasuk dosen dan para mahasiswa yang berada di Kampus UIN Walisongo, Semarang.

Menurut Saidah, UIN Walisongo Semarang dipilih sebagai proyek percontohan ZCorner karena telah memenuhi persaratan. Seperti memiliki sarana ibadah masjid, lembaga sertifikasi halal dengan nama Walisongo Halal Center yang telah membina lebih dari ribuan UMKM.

"Potensi pasarnya juga sangat besar,  dengan ribuan mahasiswa, tamu, dan masyarakat sekitar. Selain itu, pemandangannya yang bagus, terdapat joglo santai, toilet bersih dan mushola," jelas Saidah.

Sementara itu, Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang, Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag  menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara UIN Walisongo Semarang dan Baznas, khususnya pada peluncuran ZCorner yang terdiri atas berbagai elemen seperti ZCoffee, ZChicken dan produk kuliner lainnya. 

"Mudah-mudahan ke depan apa yang dilakukan ini adalah sebuah permulaan yang nantinya akan diikuti oleh fakultas-fakultas lain sehingga kegiatan kita akan lebih masif, sebagai kontribusi kita terhadap penyelesaian masalah bangsa," ucapnya. 

Baznas RI melalui Divisi Optimasi dan Pemasaran Produk Mustahik (OPPM) menginisiasi sejumlah program berbentuk ZCoffee, ZMart dan ZChicken. Program tersebut menjadi bagian dari upaya BAZNAS RI dalam meningkatkan dan memperluas jaringan pasar petani kopi,  warung toko dan ayam krispi binaan Baznas.

ZCoffee merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik sebagai unit hilir yang memasarkan produk dari hulu berupa kopi dari para petani binaan. Baznas saat ini telah memiliki petani-petani kopi binaan yang tersebar di berbagai daerah. ZCoffee dikelola oleh mustahik yang telah mengikuti pelatihan barista secara intensif, di mana para mustahik dibekali pengetahuan kopi, teknik penyajian hingga pelayanan kepada konsumen. ZCoffee akan diposisikan di kampus-kampus dan UIN Walisongo Semarang dijadikan sebagai proyek percontohan yang diintegrasikan dengan ZMart, ZChicken dan produk kuliner halal lainnya. 

Sedangkan ZMart merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. Saat ini, ZMart tersebar di 12 Provinsi dan 19 Kabupaten/Kota.

Sementara ZChicken telah diinisiasi sejak akhir tahun 2019 dan sudah berhasil membantu hingga 1.288 mustahik penerima program hingga bulan Mei 2023 ini. Program ini sudah tersebar di 6 Provinsi dan 43 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement