Jumat 10 Nov 2023 20:45 WIB

Indonesia Kembali Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesia di peringkat pertama untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pelajar berdonasi untuk Palestina usai mendengarkan dongeng dari Kak Iman Surahman di Masjid Al-Munawar, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (3/11/2023). Kegiatan mendongeng tersebut mengangkat tema Indonesia Bercerita dengan mengedukasi kepada para pelajar untuk tetap menghafal Al-Quran dan memberikan cerita tentang perjuangan hidup rakyat Palestina di tengah serangan Israel yang telah mengakibatkan ratusan anak meninggal dunia serta penggalangan donasi kemanusian kepada rakyat Palestina.
Foto:

Seperti penilaian yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, ada tiga perilaku menyumbang yang dinilai dalam survei global tersebut, yakni: “menyumbang uang”, “menyumbang pada orang asing/tidak dikenal” dan “partisipasi dalam kerelawanan/volunterisme”.

Meski menempati peringkat pertama dan mendapat skor tertinggi, Indonesia tidak lagi menempati posisi teratas untuk ketiga perilaku memberi individu yang diukur dalam survei ini. Beberapa negara lain memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan Indonesia untuk masing-masing dari tiga perilaku menyumbang tersebut. 

Jamaika dan Myanmar menduduki perimgkat pertama dengan skor 83 persen untuk katagori “membantu orang asing” dan “menyumbang uang”, sementara Liberia menduduki peringkat pertama untuk “Partisipasi dalam kerelawanan” dengan skor 65 persen. 

Namun, nilai Indonesia di tiga katagori menyumbang tersebut relatif tinggi sehingga skor keseluruhan masih tertinggi dibanding negara-negara lainnya. 

WGI 2023 juga mengukuhkan Ukraina sebagai negara dengan peningkatan peringkat yang sangat pesat (the highest climber) karena skornya mengalami peningkatan 13 poin dan naik peringkat dari posisi 10 ke posisi dua.

Peneliti filantropi di Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC), Hamid Abidin menjelaskan bahwa skor Indonesia untuk tiga katagori menyumbang tidak mengalami perubahan yang sinifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Indonesia mengalami sedikit penurunan pada katagori 'menyumbang uang' dan 'partisipasi dalam kerelawanan', serta mengalami sedikit kenaikan pada katagori 'menyumbang untuk orang asing'," ujar Hamid dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (10/11/2023).

Laporan WGI 2023 menunjukkan 82 persen orang Indonesia menyumbang uang pada tahun 2022, lebih rendah 2 persen dibanding tahun 2021 (84 persen). Nilai ini jauh lebih tinggi dari skor rata-rata global (34 persen). 

Persentase warga Indonesia...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement