Jumat 10 Nov 2023 08:14 WIB

Baznas Distribusikan 1.330 Paket Logistik Keluarga di Wilayah Pesisir Indonesia

Baznas menggandeng TNI AL dan Kwarnas Pramuka dalam mendistribusikan bantuan.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Kwartir Nasional  (Kwarnas) Gerakan Pramuka untuk mendistribusikan 1.330 Paket Logistik Keluarga di wilayah pesisir Indonesia.
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka untuk mendistribusikan 1.330 Paket Logistik Keluarga di wilayah pesisir Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Kwartir Nasional  (Kwarnas) Gerakan Pramuka untuk mendistribusikan 1.330 Paket Logistik Keluarga di wilayah pesisir Indonesia. Bantuan tersebut diangkut dalam KRI Banda Aceh-593 dalam Upacara Pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Lingkar Nusantara XI (Pelantara XI) dan Bakti Sosial Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC-2023), di lapangan M Silam, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (9/11/2023). 

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, mengatakan penyaluran bantuan ini merupakan salah satu upaya BAZNAS untuk terus hadir memberi manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tinggal di daerah pesisir. 

Baca Juga

"BAZNAS sangat menyambut baik kegiatan Bakti Sosial Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC-2023) ini karena sejalan dengan upaya BAZNAS dalam memberi kesejahteraan kepada masyarakat," kata Saidah, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/11/2023). 

Menurutnya, mencegah stunting dan memajukan masyarakat pesisir merupakan salah satu upaya BAZNAS membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah untuk menunjang pembangunan nasional.

"Zakat mempunyai peran yang sangat strategis sebagai instrumen yang lengkap dalam memberdayakan masyarakat pesisir. BAZNAS juga ingin menyampaikan pada para muzaki bahwa dana yang disalurkan melalui BAZNAS telah diberikan langsung kepada masyarakat di seluruh Indonesia," jelas Saidah. 

Saidah berharap, bantuan yang diberikan dapat membantu pencegahan stunting pada anak serta memberikan manfaat kesehatan bagi keluarga Indonesia di wilayah pesisir. Satgas Pelantara kali ini akan melalui rute Jakarta – Makassar – Sorong – Biak dengan jarak tempuh 2.030 NM dan waktu tempuh 11 hari, dengan membawa paket bantuan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya masyarakat yang ada di daerah pesisir.

Satgas Pelantara XI sendiri merupakan acara yang dilaksanakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Saka Bahari bersama dengan TNI AL. Kegiatan Pelantara ini melibatkan 380 anggota Pramuka Saka Bahari dari 34 daerah di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement