Kamis 09 Nov 2023 14:00 WIB

Enam Hikmah Dibalik Perang Palestina dan Israel Saat Ini

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali.
Foto:

Tiga, akhlak yang luar biasa hebat 

jika memperhatikan secara dekat dan seksama situasi dan reaksi masyarakat Palestina, khususnya Gaza, kita hanya akan menemukan kesabaran dan keistiqamahan (keteguhan batin) yang luar biasa.

Upaya penjajah untuk membangun kebencian warga Palestina (Gaza) kepada para pejuang itu mengalami kegagalan total. Belum pernah kita temukan ada warga yang berteriak “menyalahkan” (blaming) para pejuang itu jika karena serangan karena serangan mereka tanggal 7 Oktober lalu yang menjadi penyebab penderitaan mereka.  

Keempat, menguatkan empati dunia

peristiwa demi peristiwa (pembantaian) yang terjadi kepada bangsa Palestina ternyata semakin mengokohkan simpati dan rasa solidaritas “keumatan dan kemanusiaan”global. Hal itu semakin nyata bahkan di saat sebagian pemerintahan mereka bertekuk seolah tak berdaya menghadapi tekanan dari kekuatan luar. Rakyat negara-negara Islam bangkit melawan.

Sementara sebagain pemerintahan mereka tersungkur bertekuk lutut membangun relasi dan berangkulan dengan penjajah. 

Kelima, koreksi terhadap dukungan buta

konstelasi politik Amerika dan negara-negara barat pendukung penjajah memaksa pemerintahan mereka  mengoreksi diri sendiri akibat dukungan buta itu. Yang pasti saat ini Biden-Kamala misalnya sedang deg-degan.

Komunitas Muslim mengeluarkan ancaman tidak mendukung pada pilpres mendatang. Jika Komunitas Muslim golput saja pada pilpres tahun depan, hampir dipastikan Biden-Kamala kalah.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement