Rabu 08 Nov 2023 16:31 WIB

UAH Gandeng TNI AD Salurkan Bantuan Kemanusiaan Palestina Rp 10 Miliar melalui Baznas

Ustaz Adi Hidayat ungkap bantuan merupakan sinergi TNI, Pemerintah dan masyarakat

Ustaz Adi Hidayat menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina Rp10 Miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.
Foto: Dok Baznas
Ustaz Adi Hidayat menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina Rp10 Miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Adi Hidayat menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina Rp10 Miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

Penyaluran donasi kemanusiaan Palestina diterima oleh Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad di Markas Besar TNI AD di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

"Kami sangat terharu dapat dipercaya untuk menyampaikan bantuan ini kepada saudara-saudara kita di Palestina. Terima kasih kepada MABES TNI AD dan Ustaz Adi Hidayat yang telah berupaya bersama-sama membantu masyarakat di Gaza, Palestina," ujar Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad.

Menurut Kiai Noor, bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dari masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan. Sebab, kata dia, rakyat Palestina masih menderita akibat serangan Israel yang terus berlangsung selama sebulan penuh.

 

"Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia akan segera kami kirim ke Palestina mengingat saat ini situasi rakyat di sana yang sangat membutuhkan," kata Kiai Noor.

Kiai Noor mengungkapkan, penyaluran bantuan kemanusiaan ke Palestina tidaklah mudah. Sebab, Kiai Noor menambahkan, gerbang masuk ke Palestina hanya melalui Rafah di Mesir.

"Karena situasi di sana yang belum kondusif, sehingga bantuan yang masuk melalui Gerbang Rafah dilakukan secara hati-hati. Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi agar bantuan dari masyarakat Indonesia bisa masuk," katanya.

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan pihaknya ingin mewujudkan perhatian berupa satu sinergi, pemerintah, bersama rakyat, TNI dan Baznas bahwa itu semua merupakan satu Indonesia. 

"Bantuan ini merupakan sinergi antara KASAD dan Sahabat-Sahabat UAH. Dari kami sebesar Rp 10 miliar, dari barang-barangnya alhamdulillah dari MABES TNI AD, yang kemudian kami serahkan melalui Baznas," ujarnya. 

Ustaz Adi mengucapkan terima kasih kepada MABES TNI AD, Baznas dan seluruh masyarakat Indonesia. Dia juga menyampaikan pesan kepada masyarakat Palestina bahwa Indonesia selalu mendukung Palestina untuk mendapatkan kedaulatan, seperti yang dilakukan Palestina dulu terhadap kemerdekaan Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto menegaskan pentingnya dukungan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk Palestina.

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat. Bantuan ini terdiri atas makanan, minuman, pakaian, selimut,  dimulai dari kebutuhan anak-anak, ibu-ibu, sampai bayi, insya Allah akan kita kirim ke Palestina," ujarnya.

Turut hadir Pimpinan Baznas RI Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, Sekretaris Utama Baznas RI Dr. Muchlis Muhammad Hanafi, Deputi I Baznas RI, M Arifin Purwakananta, Deputi II Baznas RI, HM Imadadun Rahmat. Sementara dari TNI AD, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, bersama seluruh unsur di TNI AD.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement