Sabtu 04 Nov 2023 14:10 WIB

Yayasan Al-Muin Titipkan Dana Kemanusiaan Palestina ke Baznas Kota Tangerang

Yayasan Al-Muin mengedukasi siswanya untuk membantu Palestina

Yayasan Al-Muin Kota Tangerang mengedukasi siswanya untuk membantu Palestina
Foto: Dok Istimewa
Yayasan Al-Muin Kota Tangerang mengedukasi siswanya untuk membantu Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,  TANGERANG—Agresi militer brutal Israel atas wilayah Gaza menelan ribuan nyawa. Bukan hanya menarget kelompok bersenjata seperti Hamas, tapi korban jiwa dari warga sipil pun berjatuhan.

Peluru dan rudal Israel tidak pandang bulu, menyerang membabi buta. Ribuan anak-anak balita, orang tua renta, kaum perempuan pun menjadi sasaran empuknya.

Baca Juga

Bukan hanya bangunan yang dituduh sebagai instalasi militer Hamas, bahkan rumah sakit dan sekolah pun luluh lantak dibombardir Israel.

Tragedi kemanusiaan tanpa nurani inilah yang mendorong masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia, terpanggil untuk bahu-membahu mengumpulkan dan mengirim berbagai jenis bantuan untuk masyarakat Palestina, khususnya Gaza. 

Di samping berbagai kecaman untuk Israel, pernyataan-pernyataan dukungan dan doa-doa keselamatan untuk warga Palestina tentunya. Tidak terkecuali dari masyarakat Indonesia.

"Kesadaran bahwa kita adalah sama-sama manusia, itu sudah cukup untuk menggerakkan hati dan tangan kita membantu Palestina," kata Ketua Yayasan Al-Mu’in KH A Muzaini Aziz ini, dalam keterangannya, Sabtu (4/11/2023).  

Dia mengatakan, Yayasan Al-Mu'in, beserta seluruh satuan pendidikan yang dinaunginya, bergerak mengumpulkan dana kemanusiaan untuk Palestina. Para guru, murid dan orang tua siswa SDI Alexandria, MTs Al-Mu'in dan SMK Al-Mu'in merogoh kantong mereka.

Tidak sampai di situ, kata Kepala Sekolah SMK Al-Mu'in sekaligus Korlap Penggalangan Dana Kemanusiaan Palestina, Hamdani Halim, bahkan siswa/i didampingi para guru turun ke jalan-jalan di sekitar Kampus Yayasan Al-Mu'in di bilangan Poris, Kota Tangerang, untuk mengumpulkan dana dari masyarakat.

"Kami galang dana di jalan-jalan sejak Senin, 23 Oktober sampai Jum'at 27 Oktober 2023. Masyarakat Poris antusias turut berdonasi, alhamdulillah," kata dia. 

"Al-hamdulillah, Rp 51 juta telah kami kumpulkan untuk saudara-saudara kami di Palestina," tutur Kepala SDI Alexandria, Adam Bashori Yasini. 

Kepala MTS Al-Mu’in, Ustadz Sofwan Qusyairi, mengatakan  di samping rasa empati kemanusiaan yang mendorong aksi ini, pendidikan karakter juga merupakan tujuan penggalangan dana seperti ini. 

Pihaknya mengajarkan apa yang seharusnya mereka perbuat ketika menghadapi fenomena tragedi kemanusiaan seperti ini. Doa dan dukungan untuk Palestina jelas penting. Bantuan ril juga sangat penting. 

“Kami sangat bersyukur anak-anak didik kami tidak malu, bahkan senang dan semangat menggalang dana di jalanan untuk teman-teman mereka di Palestina," kata dia,  

Baca juga: Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina Disebutkan dalam Alquran?

Rabu, 1 Oktober 2023 seluruh pendapatan dari penggalangan donasi sebesar Rp. 51 juta tersebut diantar dan diserahkan langsung oleh perwakilan siswa/i Yayasan Al-Mu'in ke Baznas Kota Tangerang, didampingi oleh tiga kepala sekolah/madrasah dan Ketua Yayasan Al-Mu'in.

"Baznas kami yakini dapat mengantarkan bantuan ini, mengingat jaringan Baznas yang terhubung dengan berbagai lembaga kemanusiaan dunia dan kredibilitas baznas yang terjaga karena diaudit secara rutin oleh lembaga audit independen," kata Kiai Zein menambahkan.

Ketua Baznas Kota Tangerang, KH M Aslie Elhusyairy, S Ag, menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan untuk rakyat Palestina.

"Kami terima bantuan kalian ini. Kami bangga kepada kalian, sebagai pelajar kalian mampu menunjukkan aksi kemanusiaan kalian untuk saudara-saudara kalian di Palestina,” kata dia. 

Bantuan tersebut, ujar dia, akan diserahkan ke Palestina melalui Baznas pusat.  “Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan ganjaran terbaik-Nya. Kami berharap apa yang kalian lakukan ini menjadi tauladan dan dicontoh oleh kawan-kawan kalian sesama pelajar di seluruh Indonesia," kata dia.    

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Kota Tangerang juga mendoakan Waqif (Pewakaf) Al-Mu'in, Al-Marhum KH Abd Aziz Erawan agar pahala setiap kebaikan yang dilakukan oleh para penerusnya juga mengalir untuk almarhum. 

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement