Rabu 01 Nov 2023 16:00 WIB

Pelajar Madrasah Sukabumi Raih Juara Olimpiade Bahasa Jepang Tingkat Nasional

Pelajar madrasah di Sukabumi harus berprestasi.

Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pelajar madrasah di Kota Sukabumi menorehkan prestasi yang membanggakan. Pasalnya, siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menjadi juara dalam ajang olimpiade Bahasa Jepang tingkat nasional pada September 2023 lalu.

Ajang Olimpiade Bahasa Jepang tersebut digelar Quartal Indonesia dan Yayasan Al-Muslimin Dampit Bandung pada 1-4 September 2023. '' Syukur Alhamdulillah merasa bangga dengan prestasi anak-anak madrasah,'' ujar Kepala Madrasah MAN 1 Kota Sukabumi, Badrutamam kepada Republika, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Sebab dalam ajang olimpiade Bahasa Jepang itu ada sebanyak tujuh orang siswa MAN 1 Kota Sukabumi meraih medali emas dan satu orang medali perak. Ketujuh siswa peraih medali emas itu yakni Zahwa Khoerunnisa, Allayna Dzilly Lubis, Suci Keisya Zahra, Wulan Nuraeni, Saskya Wulandari, Saepul Mila, dan Ripqi Abdul Aziz XII IPS 2.

Sementara peraih medali perak Wildan Agustian. Pencapaian ini menunjukkan MAN 1 Kota Sukabumi merupakan salah satu madrasah unggulan.

Hal ini kata Badru, karena madrasahnya senantiasa berupaya mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat. Melalui serangkaian kegiatan dan program kerja madrasah hingga meraih preatasi di ajang nasional.

Guru pembimbing Bahasa Jepang Fadhilatun Nisa menerangkan, raihan juara ini adalah kali kedua, lomba bahasa Jepang bisa meraih prestasi di tingkat Nasional. '' Mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap prestasi ini bisa memotivasi siswa lainnya dan juga adik-adik kelasnya kelak karena nantinya akan regenerasi,'' jelasnya.

Humas MAN 1 Kota Sukabumi Dasep Hanan Mubarok menambahkan, Quartal Language Olympiad merupakan sebuah kegiatan olimpiade ilmu bahasa tingkat nasional yang dihelat dalam rangka menstimulus semangat berkembang pelajar Indonesia dalam aspek ilmu bahasa. '' Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Quartal Indonesia dan Yayasan Al-Muslimin Dampit Bandung,'' katanya.

Lomba ini kata Dasep, terdiri dari tingkat SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, dan SMA/MA sederajat. Hasilnya pelajar MAN 1 Sukabumi meraih emas untuk jenjang SMA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement