Kamis 26 Oct 2023 21:52 WIB

Aneh, Zionis Israel Disebut PBB Telah Lakukan Pelanggaran Internasional Malah Marah 

Zionis Israel tidak terima disebut PBB langgar hukum internasional

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Israel (ilustrasi). Zionis Israel tidak terima disebut PBB langgar hukum internasional
Foto:

Tetapi Guterres mengatakan, bahwa ini hanya setetes bantuan dari luasanya lautan yang membutuhkan. Dia memperingatkan untuk menghentikan serangan karena kekurangan bahan bakar.

"Untuk meringankan penderitaan epik, membuat pengiriman bantuan lebih mudah dan aman, dan memfasilitasi pembebasan sandera, saya mengulangi seruan saya untuk gencatan senjata kemanusiaan segera."

Israel, didukung Amerika Serikat, telah menolak seruan untuk menghentikan serangan, dengan mengatakan itu hanya akan memungkinkan Hamas untuk berkumpul kembali.

Amerika Serikat pekan lalu memveto rancangan resolusi tentang krisis, dengan mengatakan tidak cukup mendukung hak Israel untuk menanggapi Hamas. Sekretaris Negara, Antony Blinken, meminta Dewan Keamanan untuk mendukung resolusi baru yang dipimpin Amerika Serikat yang menggabungkan umpan balik substantif.

Rancangan itu, dilihat oleh AFP, akan membela hak yang melekat dari semua negara untuk membela diri sambil menyerukan kepatuhan terhadap hukum internasional. Itu akan mendukung jeda kemanusiaan untuk membiarkan bantuan tetapi bukan gencatan senjata penuh.

"Tidak ada anggota dewan ini, tidak ada bangsa di seluruh tubuh ini yang bisa atau akan mentolerir pembantaian rakyatnya," kata Blinken.

Rusia yang menggunakan veto, terbiasa berada di pihak penerima di Dewan Keamanan atas invasinya ke Ukraina, dengan cepat mengatakan akan menentang rancangan AS, yang juga mendapat kritik dari sekutu regional AS, Mesir.

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

"Kami terkejut dengan upaya baru untuk mengadopsi resolusi yang tidak termasuk seruan untuk gencatan senjata untuk mencegah kemunduran lebih lanjut, dari situasi yang mungkin membawa wilayah ke titik berbahaya," kata Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry.

Baca juga: Perbedaan Mencolok Antara Miskin dan Kaya dalam Jalani Hisab Amal Kelak di Akhirat

http://republika.co.id/berita//s30ghb320/perbedaan-mencolok-antara-miskin-dan-kaya-dalam-jalani-hisab-amal-kelak-di-akhirat

Menteri Luar Negeri Riyad al-Maliki dari Otoritas Palestina, yang dijalankan oleh saingan Hamas, menyebut kelambanan Dewan Keamanan tidak dapat dimaafkan, seperti yang dilakukan Jordan, mitra AS lainnya.

"Dewan Keamanan harus mengambil sikap yang jelas untuk meyakinkan dua miliar orang Arab dan Muslim bahwa hukum internasional akan diterapkan," kata Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi.

Yordania dan Rusia termasuk di antara negara-negara yang meminta pertemuan Majelis Umum PBB pada hari Kamis, yang resolusinya tidak mengikat, karena kebuntuan Dewan Keamanan.

 

n. Mabruroh

 

 

https://www.malaymail.com/news/world/2023/10/25/un-chief-alleges-international-law-violations-in-gaza-israel-angry/98212

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement