Selasa 30 Apr 2024 18:27 WIB

Hamas Pertimbangkan Kesepakatan untuk Bebaskan 33 Sandera

Tahap pertama dari perjanjian tersebut mencakup pembebasan 20-33 sandera.

Sebuah tank Israel di lokasi berkumpul di perbatasan selatan Israel dengan Jalur Gaza dekat Rafah, 25 April 2024.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Sebuah tank Israel di lokasi berkumpul di perbatasan selatan Israel dengan Jalur Gaza dekat Rafah, 25 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, RAFAH -- Hamas sedang mempertimbangkan proposal baru untuk kesepakatan penyanderaan yang diajukan oleh Mesir. Proposal tersebut mengharuskan pelepasan 33 sandera Israel sebagai imbalan atas gencatan senjata sementara di Jalur Gaza.

Proposal yang disusun dengan bantuan Israel, seperti dilaporkan Sputnik, Selasa (30/4/2024), terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dari perjanjian tersebut mencakup pembebasan 20-33 sandera selama beberapa minggu dengan imbalan jeda pertempuran dan pembebasan tahanan Palestina oleh Israel.

Baca Juga

Durasi gencatan senjata bisa diperpanjang dengan bergantung pada jumlah sandera yang dibebaskan. Kemudian, sebagai bagian dari kesepakatan tahap kedua, Hamas diminta untuk menukar sandera yang tersisa, termasuk tentara Israel dan jenazahnya dengan lebih banyak lagi tahanan Palestina.

Delegasi pejabat intelijen, militer dan keamanan Israel pun akan melakukan perjalanan ke Kairo pada Selasa untuk menunggu tanggapan dari Hamas, kata laporan itu.

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan roket skala besar terhadap Israel serta melanggar perbatasan, menyerang lingkungan sipil, dan pangkalan militer. Hampir 1.200 orang di Israel tewas dan sekitar 240 lainnya diculik dalam serangan itu.

Israel melancarkan serangan balasan, memerintahkan blokade total terhadap Gaza dan memulai serangan darat ke daerah kantong Palestina dengan tujuan untuk melenyapkan pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera. Lebih dari 34.400 orang telah terbunuh sejauh ini akibat serangan Israel di Jalur Gaza, menurut otoritas setempat.

Pada 24 November, Qatar memediasi kesepakatan antara Israel dan Hamas mengenai gencatan senjata sementara dan pertukaran beberapa tahanan dan sandera, serta pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Gencatan senjata telah diperpanjang beberapa kali dan berakhir pada 1 Desember. Lebih dari 100 sandera diyakini masih ditahan oleh Hamas di Gaza.

Pada awal April, babak baru perundingan Israel-Hamas dimulai di ibu kota Mesir, Kairo. Proposal gencatan senjata yang dibuat pada perundingan tersebut mengatur pembebasan 40 sandera Israel dengan imbalan 900 tahanan Palestina sebagai bagian dari rencana tiga tahap yang diadopsi oleh mediator internasional.

Namun, Hamas sebagian besar menolak usulan tersebut dan mengatakan bahwa mereka akan mengajukan rencananya sendiri untuk mengakhiri konflik secara permanen di wilayah tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement