Senin 23 Oct 2023 10:36 WIB

Konvoi Bantuan Kedua Capai Gaza Saat Israel Serang Tepi Barat

Tank dan tentara Israel di perbatasan Gaza menunggu perintah untuk menyeberang.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang jurnalis Palestina menenangkan keponakannya yang terluka dalam serangan Israel di rumah keluarganya di kamp pengungsi Nusseirat, di sebuah rumah sakit di Deir el-Balah, Jalur Gaza, Ahad (22/10/2023). Dilansir Reuters, serangan udara Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah mengakibatkan 4.651 warga Palestina meninggal dunia, 40 persen di antaranya adalah anak-anak.
Foto:

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan setidaknya 130 bayi prematur berada dalam risiko besar karena kekurangan bahan bakar generator.  Dikatakan tujuh rumah sakit di Gaza utara terpaksa ditutup, karena kerusakan akibat serangan, kurangnya listrik dan pasokan, atau perintah evakuasi Israel.

"Kekurangan pasokan penting, termasuk ventilator, memaksa dokter untuk menjatah pengobatan. Ini memilukan," kata dokter yang bekerja di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis, Dr. Mohammed Qandeel.

Puluhan pasien terus berdatangan dan dirawat di koridor yang padat dan gelap. Kondisi tersebut terjadi karena rumah sakit menghemat listrik untuk unit perawatan intensif.

Warga Palestina yang berlindung di sekolah-sekolah dan tenda-tenda yang dikelola PBB juga kehabisan makanan dan minum air kotor. Kurangnya bahan bakar telah melumpuhkan sistem air dan sanitasi. Serangan udara besar-besaran dilaporkan terjadi di seluruh Gaza, termasuk di bagian selatan jalur pantai, tempat Israel meminta warga sipil untuk mencari perlindungan.

Di rumah sakit Al-Aqsa di Deir al-Balah, sebelah selatan jalur evakuasi, beberapa jenazah yang dibungkus kain kafan putih berjejer di luar. Seorang pejabat rumah sakit, ll bernama Khalil al-Degran, mengatakan lebih dari 90 jenazah telah dibawa masuk sejak Ahad pagi, ketika suara bom bergema di belakangnya. Sebanyak 180 orang yang terluka telah tiba, sebagian besar anak-anak, perempuan dan orang tua yang mengungsi dari daerah lain.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement