Senin 23 Oct 2023 10:02 WIB

Anwar Ibrahim: Dunia Harus Bangun Lawan Kemunafikan Israel

Anwar menggambarkan situasi di Gaza sebagai kegilaan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan dunia harus bangun dan melihat kemunafikan yang jelas melalui situasi di Gaza. Anwar mengatakan ada terlalu banyak kontradiksi dan kemunafikan di arena politik internasional dan itu harus dihentikan.

“Yah, saya akan mengatakan seorang siswa sejarah dan geopolitik yang baik tidak akan selalu terkejut. Anda berbicara tentang hak asasi manusia di satu sisi, dan Anda menyangkal hak kepada yang lain, misalnya, saya membuat referensi, Anda mengutuk Rusia atas agresi karena keputusan Rusia untuk mengambil kantong Rusia di Ukraina, adil,” kata Anwar, dilansir dari Malay Mail, Senin (23/10/2023).

Baca Juga

“Itu dikutuk tetapi dengan agresi Israel dan pengambilalihan tanah Palestina yang sah, itu dimaafkan, tidak hanya itu, itu didukung dan dipertahankan," katanya dalam sebuah wawancara dengan Arab News pada Jumat, di sela-sela KTT ASEAN-GCC perdana di Riyadh.

Menggambarkan situasi di Gaza sebagai kegilaan, Anwar mengatakan Malaysia tetap teguh pada pendiriannya bahwa agresi dan ketidakpedulian terhadap wanita dan anak-anak di Gaza, dengan membuat mereka menderita, harus dihentikan.

"Saya tidak bisa mengerti, mengapa orang Israel tidak mengerti apa yang dulunya merupakan episode Holocaust sekarang dipaksakan pada orang lain," katanya.

Mengomentari pidato pembukaan oleh Putra Mahkota Mohammed Bin Salman di KTT, Anwar mengatakan Malaysia sepenuhnya mendukung upaya Arab Saudi dan GCC untuk mengakhiri krisis dan mencegah pecahnya perang yang lebih luas.

“Kebetulan saya harus menjadi responden paling awal, segera, tanggapan saya adalah berterima kasih padanya dan mengatakan bahwa kami bersama Anda dan GCC, karena apa yang Anda katakan ketika Anda memimpin, itu akan memiliki dampak yang kuat dibandingkan dengan negara-negara Asean yang cukup jauh,” kata Anwar.

Pidato pembukaan Putra Mahkota...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement