Jumat 06 Oct 2023 23:36 WIB

Ganjar Silaturahim ke Kiai Said Aqil Siroj, Ini Doa dan Pesan yang Disampaikan  

Kiai Said Aqil meminta Ganjar lanjutkan konsep Islam Nusantara

Rep: Febrianto Adi Saputro / Red: Nashih Nashrullah
Bacapres Ganjar Pranowo bertemu dengan Pengasuh Pesantren Ats-Tsaqafah Jakarta Selatan, Prof KH Said Aqil Siroj
Foto: Dok Istimewa
Bacapres Ganjar Pranowo bertemu dengan Pengasuh Pesantren Ats-Tsaqafah Jakarta Selatan, Prof KH Said Aqil Siroj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres), Ganjar Pranowo mendapat sambutan hangat saat sowan ke kediaman KH Said Aqil Siroj, Cipedak, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2023) malam lalu. Kiai Said bahkan menyatakan Ganjar akan jadi presiden. 

Ganjar tiba bersama istri Siti Atikoh di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah pukul 19.40 WIB. Ratusan santri berjajar di halaman pesantren. Setelah disambut Kiai Said dan keluarga dalem, Ganjar dan istri diajak sholat isya, berjamaah. Ganjar dan Kiai Said kemudian melakukan pertemuan tertutup selama satu jam.  

Baca Juga

Kepada wartawan, Kiai Said mengaku bersyukur atas kedatangan Ganjar. Ia pun mendoakan agar Ganjar terpilih menjadi presiden 2024. 

"Alhamdulillah malam hari ini Pesantren Atsaqafah kedatangan tokoh nasional yang Insya Allah Tuhan memberikan jalan kemudahan beliau akan terpilih menjadi presiden yang akan datang yaitu Pak Ganjar Pranowo," ujarnya.  

Said juga mengaku memiliki kedekatan dengan kakek Siti Atikoh, KH Hisyam Abdul Karim. Menurutnya, Kyai Hisyam adalah pejuang Nahdlatul Ulama asal Purbalingga.  

"Beliau yang saya kenal dekat itu kakek istri beliau adalah KH Hisyam Rois Syuriah NU dua periode 1973 sampai 1983," paparnya.  

Sedangkan dengan Ganjar, Said sudah bersahabat sejak Ganjar di DPR RI. "Tapi yang jelas (Ganjar) dengan saya dekat sekali sejak masih DPR dan Gubernur," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Kiai Said berpesan kepada Ganjar untuk bisa mempertahankan konsep Islam Nusantara, ketika terpilih menjadi presiden nantinya.  

"Jadi, ide saya tentang Islam Nusantara nanti kalau Mas Ganjar jadi presiden itu diteruskan kalau perlu diekspor ke luar negeri. Satu jalan adalah Islam menyatu dengan budaya. Budaya dijadikan fondasi Islam itu adalah Islam yang ramah," tuturnya.  

Sementara itu, Ganjar mengatakan bahwa kedatangan di Ponpes Luhur Al-Tsaqafah disambut hangat oleh keluarga pengasuh. Ketika ditanya apakah kedatangannya meminta Kiai Said menjadi cawapres, Ganjar menjawab dengan berseloroh.  

"Tidak hanya minta soal cawapres, tapi juga soal bernegara, berbangsa, cerita soal Islam nusantara tadi karena itu sangat ideologis dan jauh sangat penting dari yang sifatnya pragmatis," katanya.     

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

Disampaikannya, ia mendapat banyak wejangan terutama soal sejarah Islam di Indonesia beserta tokoh-tokohnya. 

"Dan kita mesti kukuh mempertahankannya. Istilah lain kita punya kepribadian dalam kebudayaan," kata dia.  

Malam itu, Ganjar juga diminta untuk memberikan motivasi kepada para santri di auditorium pesantren. Di pengujung acara, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mendapat hadiah buku karya KH Said Aqil Siroj berjudul  "Allah dan Alam Semesta", dan juga logo NU berukir emas.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement