Kamis 05 Oct 2023 17:05 WIB

Silaturahim ke Pesantren Dalwa Bangil, Mantan Mendag M. Lutfi Ingin Belajar ke Habib

Mantan mendag Lutfi membahas politik, pendidikan, dan bisnis pesantren.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pengusaha yang juga mantan menteri perdagangan Muhammad Lutfi bersama rombongan menyambangi beberapa pesantren besar di Jawa Timur.
Foto: Dok. Istimewa
Pengusaha yang juga mantan menteri perdagangan Muhammad Lutfi bersama rombongan menyambangi beberapa pesantren besar di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Mantan menteri perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melakukan silaturahim ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, Kamis (5/10/2023). Pesantren pertama yang disambanginya adalah Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah (Dalwa) di Bangil, Pasuruan.

Lutfi dan rombongannya tiba di pesantren Dalwa sekitar pukul 09.00 WIB pagi bersama rombongannya. Hadir juga Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) M Arief Rosyid. Lutfi datang ke pesantren ini untuk belajar kepada Pengasuh Pondok Pesantren Dalwa, Habib Ali Zainal Abidin Baharun, baik tentang politik maupun bidang lainnya.

Baca Juga

"Jadi, saya ingin belajar sama Habib, kalau boleh izin belajar. Saya ingin silaturahim, meskipun 2024 harus kita lalui," ujar Luthfi saat berbincang dengan Habib Zainal di Ponpes Dalwa, Bangil, Pasuruan, Kamis (5/10/2023).

Keduanya pun larut dalam obrolan politik, khususnya terkait dengan politik kebangsaan. Habib Zainal mengatakan, pesantrennya selama ini terbuka semua kalangan, tidak hanya pada kelompok tertentu saja.

"Tidak ada eksklusif kita ini. Murid-murid kita ini, kalau kita bicara politik, semua partai ada di sini," ucap Habib Zainal.

Menurut Habib Zainal, pesantrennya memilih sikap netral dalam berpolitik. Ia tidak ingin menyakiti satu pihak pun yang datang ke pesantrennya. Menurut Habib Zainal, Pesantren Dalwa hanya ingin mencetak kader yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, tanpa condong ke partai apa pun.

"Intinya kami di Dalwa ini ingin mencetak kader yang hatinya tertanam semangat membangun kebersamaan," kata Habib Zainal.

Selain mendengarkan pandangan Habib Zainal tentang politik, dalam kunjungannya ini, Lutfi juga sempat menanyakan tentang sistem pendidikan yang diterapkan di Pesantren Dalwa, bisnis yang dikembangkan pesantren, dan bangunan Pesantren Dalwa yang tampak lebih modern.

Pesantren Dalwa memang memiliki banyak usaha, di antaranya adalah Dalwa Roti dan Dalwa Mart. Bahkan, pesantren ini juga memiliki Hotel Dalwa Syariah dan sebuah mal yang berada di dalam pesantren. Habib Zainal juga sempat mengajak Lutfi berkeliling mal berlantai empat tersebut.

Pendiri Pondok Pesantren Dalwa Bangil, Pasuruan termasuk salah satu pondok pesantren ternama di Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh ulama besar asal Madura, Habib Hasan Baharun pada 1981. Saat ini, jumlah santri yang belajar di sini sudah mencapai 16 ribu santri.

Setelah menyambangi Pesantren Dalwi Bangil,hari ini Muhammad Lutfi juga akan bersilturrahim ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan Pondok Pesantren Al Qodiri Jember. Sedangkan, pada Jumat (6/9/2023), mantan dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) ini juga akan menyambangi Pondok Pesantren Salafiyah Safiiyah Sukorejo Situbondo dan Pondok Pesantren Blokagung Banyuwangi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement