Rabu 04 Oct 2023 18:25 WIB

Kabupaten Bekasi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah MTQ Jabar 2024

Lapangan Plasa Pemkab Bekasi direncanakan menjadi titik sentral acara MTQ.

Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).
Foto: kemenag.go.id
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BEKASI -- Kabupaten Bekasi kembali ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat pada April 2024. Penunjukan Kabupaten Bekasi terjadi setelah penantian 30 tahun lebih.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bekasi Bennie Yulianto Iskandar mengatakan sejumlah persiapan tengah dilakukan setelah ditunjuk sebagai tuan rumah oleh otoritas terkait di Jawa Barat.

Baca Juga

"Termasuk penyusunan rencana pelaksanaan acara yang bakal dihadiri para kafilah dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat," katanya di Cikarang, Rabu (4/10/2023).

Dia mengatakan sejumlah titik ditetapkan menjadi lokasi penyelenggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat tahun 2024. Lapangan Plasa Pemkab Bekasi direncanakan menjadi titik sentral acara dengan dilengkapi panggung utama.

 

Sementara titik pelaksanaan lomba direncanakan tersebar di beberapa titik mulai dari Gedung BPBD, Aula Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, Gedung Wibawa Mukti, Aula KH Noer Alie, serta Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

"Kemudian, kita siapkan juga di Balai Rakyat DPRD, Gedung Teater Dinas Pariwisata dan GOR Bulutangkis Stadion Wibawa Mukti," katanya.

Bennie mengaku Kabupaten Bekasi terakhir kali ditunjuk tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat pada era tahun 1980-an yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Barkah Lemahabang.

"Saya ingat betul waktu SD itu tahun 80-an di Al-Barkah kita pernah jadi tuan rumah. Karena, kan sekarang pondok sudah banyak ya, kita memberanikan diri untuk jadi tuan rumah," katanya.

 

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Barat KH. Badruzzaman M. Yunus mengatakan Kabupaten Bekasi dipastikan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun depan.

"Insya Allah nanti kegiatan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Bekasi, SK (Surat Keputusan) awal sudah turun," katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan LPTQ Kabupaten Bekasi dan Pemkab Bekasi berkaitan dengan persiapan MTQ Jawa Barat. "Saya harap Kabupaten Bekasi sukses dalam penyelenggaraan dan sukses dalam prestasi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement