Kamis 28 Sep 2023 08:48 WIB

Negara-Negara Arab yang Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW banyak dirayakan umat Islam

Rep: Mabruroh, Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Maulid Nabi Muhammad SAW banyak dirayakan umat Islam
Foto:

Tahun lalu, acara ini digelar pada 8 Oktober. Hal ini sekaligus menjadi yang pertama dilakukan sejak pandemi Covid-19, yang menyebabkan pembatalan acara pada 2020 dan 2021. 

“Tahun lalu acara berjalan dengan brilian. Kami melakukan banyak percakapan yang sangat bagus dan tanggapannya sangat positif. Kami selalu menantikannya,” kata salah satu penyelenggara, Shazad Riaz, dikutip di About Islam, Senin (25/9/2023)

Relawan yang tergabung dalam kelompok tersebut juga disiapkan untuk membagikan hadiah kepada orang-orang, serta menjawab pertanyaan mereka tentang Islam di meja yang disediakan. Komunitas ini berkumpul mulai pukul 12 siang sampai jam 3 sore waktu setempat. 

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

Meski tidak banyak, tetapi setiap tahunnya disebut ada satu atau dua orang dengan persepsi yang salah terhadap Islam. Riaz menilai hal ini kemungkinan besar dipicu oleh informasi dari media atau hal lain yang mereka dengar dan dapatkan. 

Selama acara, mereka biasanya akan mencoba berdebat dengan kelompok tersebut dan menyatakan betapa salahnya Islam. Riaz pun menegaskan posisinya dan tim relawan yang tidak ingin berdebat, tetapi hanya ingin menyampaikan pesan.

Adapun agenda Maulid di Kota atau Mawlid in the City ini dilakukan beberapa hari menjelang Maulid, yang diperkirakan terjadi pada Rabu, 27 September. Banyak umat Islam memandang Maulid Nabi sebagai saat yang penting untuk mempelajari dan merenungkan kehidupan Nabi Muhammad SAW. 

Di seluruh dunia, perayaan Maulid Nabi biasanya meliputi kajian atau ceramah, kios-kios yang menjual buku-buku Islam, selebaran, pakaian, sajadah, dan oleh-oleh lainnya. 

 

 

Sumber: aboutislam, newarab 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement