Senin 25 Sep 2023 00:29 WIB

Ini Imbauan Penting untuk Muslim dalam Menghadapi Musim Kemarau

Muslim harus perbanyak tobat dan sholat istisqa dalam menghadapi kemarau.

Ribuan santri dan masyarakat menggelar solat Istisqo, di Lapangan Jambe Maniskidul, Kabupaten Kuningan, Sabtu (16/9/2023).
Foto:

Hal senada disampaikan Sekretaris Umum Pengurus Wilayah DMI Sulsel Hasid Hasan Palogai. Ia mengatakan menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 157.D/SEM/PP-DMI/IX/2023  pada18 September 2023 yang diteken Ketua DMI Pusat Jusuf Kalla memuat dua poin yakni meminta jajaran melaksanakan Shalat Istisqa di lapangan maupun di halaman masjid yang luas serta khatib mengajak umat Islam bertaubat.

Imbauan Shalat Istisqa itu dikeluarkan, kata dia, menyikapi cuaca yang sangat ekstrem di banyak daerah di Indonesia termasuk di Sulsel yang masih mengalami kekeringan dan sejumlah daerah kekurangan air.

"Islam mengajarkan dan menganjurkan, bilamana memasuki musim kemarau yang berkepanjangan, maka disunahkan untuk melaksanakan Shalat Istisqa, shalat memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan," tuturnya.

 

Sekaitan dengan itu, DMI juga mengimbau kepada seluruh pengurus masjid untuk menyiapkan masjid-masjid sebagai posko penyedia air bersih bagi masyarakat yang terdampak musim kemarau tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement