Kamis 21 Sep 2023 14:29 WIB

Aplikasi Visited Ungkap 10 Masjid Paling Banyak Dikunjungi di Turki

Masjid Turki merupakan lima dari 10 masjid yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Hagia Sophia di Turki.
Foto:

4. Masjid Eyup Sultan

Masjid Eyüp Sultan merupakan kompleks masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah. Bangunan ini berada di distrik Eyüp, Istanbul, atau lebih tepatnya di luar tembok kota atau dekat Tanduk Emas.

Semula, bangunan bersejarah ini berasal dari situs masjid yang jauh lebih tua, yang kemungkinan didirikan pada tahun 1458. Di kompleks masjid ini juga terdapat mausoleum, tempat wafatnya Abu Ayyub al-Anshari.

5. Masjid Baru (Yeni Camii)

New Mosque atau Masjid Baru Turki merupakan rumah ibadah yang ada di pusat bisnis ibu kota Istanbul. Menurut catatan dan pembangunan masjid sejak kali pertama dimulai, masjid ini adalah yang paling lama berdiri di Istanbul.

Pembangunan masjid memakan waktu selama 66 tahun, dari tahun 1597 hingga 1663. Keberadaannya jauh lebih awal dari masjid terbesar Masjid Biru.

Selama pembangunannya, masjid yang juga dikenal dengan Yeni Camii ini sempat beberapa kali terkatung-katung, apakah akan dilanjutkan atau tidak. Namun, masjid yang berlokasi di kota Eminonu, Turki dengan gaya Ottoman ini diakui sebagai bagian tertua kota ini.

Lima masjid lainnya yang ramai dikunjungi pelancong dan masuk daftar Visited adalah Masjid Ortakoy, Masjid Fatih, Masjid Selimiye, Masjid Kocatepe, dan Masjid Agung Bursa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement