Kamis 21 Sep 2023 14:29 WIB

Aplikasi Visited Ungkap 10 Masjid Paling Banyak Dikunjungi di Turki

Masjid Turki merupakan lima dari 10 masjid yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Hagia Sophia di Turki.
Foto:

10 Masjid Paling Banyak Dikunjungi di Turki

1. Masjid Hagia Sophia

Pada 24 Juli lalu, Masjid Hagia Sophia merayakan hari jadinya yang ke-3. Tepat pada 24 Juli 2020, bangunan bersejarah itu dibuka kembali sebagai masjid dan rumah ibadah umat Muslim.

Bangunan tersebut sempat berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun, sebelum menjadi masjid pada 1453. Selama 86 tahun kemudian bangunan ini kembali difungsikan sebagai sebuah museum.

2. Masjid Biru

Masjid Biru atau yang juga dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Turkiye. Karena menggunakan lantai berwarna biru, bangunan ibadah ini pun banyak dikenal sebagai Masjid Biru.

Masjid termegah ini merupakan salah satu peninggalan Ottoman. Ia dibangun di seberang Hagia Sophia pada tahun 1609-1616, tepatnya selama masa pemerintahan Ahmed I.

photo
Turis dan penduduk setempat melihat air mancur bercahaya berlatar Sultan Ahmed atau Masjid Biru era Ottoman di Istanbul, Turki, Selasa, (8/8/ 2023). - (AP Photo/Khalil Hamra)

3. Masjid Suleymaniye

Masjid Suleymaniye merupakan peninggalan lainnya dari masa Ottoman. Perintah pembangunannya dikeluarkan oleh Sultan Suleyman Al-Qanuni atau dikenal sebagai Suleyman Agung pada 1550.

Proses pembangunan rumah ibadah ini berjalan selama tujuh tahun, yang akhirnya diresmikan dan dibuka untuk umum pada 1557. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek terkemuka Ottoman bernama Mimar Sinan. Ia mendesain masjid tersebut dengan merepresentasikan diri Sultan Suleyman Agung, dengan menempatkan struktur masjid yang begitu megah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement