Rabu 20 Sep 2023 05:20 WIB

Kemenag Lakukan Standardisasi Guru Alquran Perbatasan Sulut-Filipina

Guru Alquran tebarkan kearifan Islam di perbatasan Sulut-Filipina.

Ilustrasi guru ngaji Alquran.
Foto: dok.Republika
Ilustrasi guru ngaji Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) melakukan standardisasi guru Al-Quran wilayah perbatasan Sulawesi Utara (Sulut) dan Filipina.

"Sehingga Pelatihan Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati Level 1 Pola 20 Jam Pelajaran, Zona Nusa Utara Tahun 2023 sangat penting untuk dilakukan," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe melalui Ketua Tim PD Pontren Kanwil Kemenag Sulut H Ramli Makatungkang, di Sangihe, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi seorang Guru Al-Quran sekaligus sebagai syarat mendirikan atau memperpanjang izin operasional Taman Pendidikan Quran (TPQ).

"Mohon manfaatkan kesempatan ini dengan baik karena bisa meningkatkan kompetensi bapak dan ibu sebagai guru Al-Quran," jelasnya.

Ia menjelaskan sekaligus sebagai syarat mendirikan atau memperpanjang izin TPQ di daerah masing-masing.

Kemenag, katanya, akan terus memfasilitasi peningkatan kualitas dan kompetensi para guru pendidikan agama.

Apalagi, katanya, Guru Al-Quran yang membutuhkan kemampuan karena memberikan pelajaran dan pemahaman kepada siswa.

Di hadapan 60 peserta yang berasal dari 3 kabupaten di Nusa Utara, yakni Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud, Makatungkang berharap para peserta pelatihan fokus dan serius mengikuti kegiatan, karena ini baru pertama kali untuk Sulawesi Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement