Kamis 17 Aug 2023 17:09 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Umat Bersyukur pada HUT Ke-78 RI

Dia mengajak kepada seluruh tokoh beragama untuk bersiap dalam membangun bangsa.

Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar.
Foto: Republika/Prayogi
Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengajak seluruh umat beragama untuk bersyukur terhadap segala hal yang terjadi di Indonesia pada Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia.

"Kita bersyukur, alhamdulillah indeks prestasi kemanusiaan yang kita capai menurut pengakuan lembaga internasional, Indonesia itu satu yang terbaik, yang mampu survive dalam masyarakat," katanya pada upacara bendera dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Masjid Istiqlal, yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga

Nasaruddin mengatakan seluruh umat beragama juga harus bersyukur bahwa Indonesia berada di urutan kelima pada negara yang sukses dalam menuntaskan pandemi Covid-19 yang terjadi selama kurang lebih tiga tahun.

Selain itu, kata dia, kesyukuran juga perlu dilakukan karena Bangsa Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonominya di atas lima persen, serta menekan inflasi di bawah empat persen.

Lebih dari itu, dia menyebutkan kesyukuran perlu dilakukan karena Indonesia memiliki stabilitas keamanan dan politik yang sangat baik, dimana seluruh orang merasa merdeka untuk mengekspresikan seluruh kreativitasnya di Bumi Nusantara ini.

"Kita bebas menjalankan agama seperti yang dituntunkan kepada kita masing-masing. Kita juga bebas mengekspresikan seni dan budaya kita tanpa ada kendala sedikit pun, bahkan bangsa dan negara kita memberikan fasilitas yang memadai," katanya yang juga merupakan Ketua Harian Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI).

Dibandingkan dengan negara lain, kata Nasaruddin, banyak negara yang masih mencekam, dengan tekanan yang berada dalam negerinya sendiri, dengan perang saudara yang berkepanjangan.

Selain itu, banyak negara yang bertetangga dengan negara yang kerap melakukan teror, yang membuat negerinya sendiri tidak tenang. Selain itu, kata dia, umat beragama patut berbangga kepada Indonesia karena mampu tampil sebagai figur negara yang sangat diperhitungkan dalam dua dekade terakhir.

"Indonesia baru saja diamanahkan kepercayaan besar sebagai Pimpinan G20 dan sukses menggelar acara di Bali. Saat ini, Indonesia jadi Pimpinan ASEAN, kepercayaan dunia terhadap Indonesia semakin meningkat," tuturnya.

Meski demikian, kata Nasaruddin, bukan berarti Indonesia terbebas dari segala macam permasalahan global. Oleh karena itu, dia mengajak kepada seluruh tokoh beragama untuk bersiap dalam membangun bangsa, serta membentengi bangsa dari berbagai tekanan yang dimulai dari Masjid Istiqlal.

"Masjid Istiqlal adalah rumah besar untuk Bangsa Indonesia," kata Nasaruddin Umar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement