Kamis 10 Aug 2023 14:57 WIB

Baznas Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim dan Ibu Hamil di Pesawaran Lampung

Pembagian bantuan Baznas digelar di acara TNI AL Pembinaan Potensi Maritim

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dalam acara Pembinaan Potensi Maritim Sekala Besar di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (10/8/2023).
Foto: Dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dalam acara Pembinaan Potensi Maritim Sekala Besar di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dalam acara Pembinaan Potensi Maritim Sekala Besar di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (10/8/2023).

Pada acara yang digagas TNI Angkatan Laut itu, Baznas memberikan santunan yatim untuk 30 anak, uang saku khitan untuk 50 anak, 50 paket bingkisan khitan, serta 60 paket gizi ibu hamil dan balita.

Wakil Ketua Baznas RI, Mo Mahdum, mengatakan penyaluran bantuan ini merupakan salah satu upaya Baznas untuk terus hadir memberi manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tinggal di daerah pesisir. 

Menurut Mahdum, bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu pencegahan stunting pada anak serta memberikan manfaat kesehatan kepada ibu hamil dan balita.

"Baznas sangat menyambut baik kegiatan yang merupakan inisiasi dari TNI Angkatan Laut ini, karena program pembinaan seperti ini sejalan dengan upaya Baznas dalam memberi kesejahteraan kepada masyarakat. Mencegah stunting dan memajukan masyarakat pesisir merupakan salah satu upaya membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah untuk menunjang pembangunan nasional," kata Mahdum, di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (10/8/2023).

Selain itu, Mahdum menambahkan, zakat mempunyai peran yang sangat strategis sebagai instrumen yang lengkap dalam memberdayakan masyarakat pesisir. Selain bantuan untuk para anak yatim dan ibu hamil, Baznas juga pernah melakukan hal serupa, namun menyasar pada pemberian bantuan untuk nelayan di daerah perbatasan. Bantuan semacam ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Salah satu contohnya adalah bantuan yang diberikan Baznas di Pulau Miangas. Baznas berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat di daerah perbatasan, dengan memberikan bantuan jaring tangkap nelayan perbatasan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara," ucapnya.

Diharapkan pula, sinergi antara Baznas dan TNI AL dapat terus terjalin dengan baik, agar makin banyak masyarakat yang terbantu. 

"Baznas dan TNI AL turun gunung membantu masyarakat dan Baznas ingin menyampaikan pada para muzaki bahwa dana yang disalurkan melalui Baznas telah diberikan langsung kepada masyarakat di seluruh Indonesia.Terima kasih pada para muzaki Baznas. Ini merupakan bentuk partisipasi komponen bangsa yang memberikan manfaat untuk memajukan masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya. 

Sementara itu, Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut ingin berperan mendukung program Pemerintah Pusat, termasuk masyarakat yang ada di Lampung. Ia juga mengapresiasi peran Baznas yang turut bersinergi dalam acara tersebut.

"Sehingga angka persentase bidang kesehatan khususnya terkait stunting menurun. Alhamdulillah di Lampung ini sudah terlihat progresnya dan kita melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi, sehingga banyak yang turut berkolaborasi. Kita akan melayani seoptimal mungkin. Terima kasih atas kerja samanya kepada rekan-rekan dari Baznas," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement