Sabtu 05 Aug 2023 09:29 WIB

Baznas Serahkan Bantuan Beasiswa untuk Para Santri di Samarinda

Baznas menyerahkan bantuan 'Beasiswa Santri Menuju PTN' untuk sebanyak 30 santri.

BAZNAS bersama Wakil Presiden Maruf Amin menyerahkan beasiswa kepada 30 santri di Samarinda.
Foto: Dok. BAZNAS
BAZNAS bersama Wakil Presiden Maruf Amin menyerahkan beasiswa kepada 30 santri di Samarinda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Wakil Presiden RI Prof Dr KH Maruf Amin menyerahkan bantuan 'Beasiswa Santri Menuju PTN' untuk santri dari kalangan tidak mampu di Pondok Pesantren Nabil Husein, Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (4/8/2023). Sebanyak 30 santri penerima manfaat itu nantinya akan menerima bantuan masing-masing Rp6 juta untuk membantu mereka mempersiapkan pendidikan dengan baik sebagai bekal di masa depan. 

Penyerahan bantuan diberikan secara simbolis kepada tiga santri yang duduk di kelas 12, yaitu Zakki Fauzan, Sintia Agis, dan Dwi Rusmilawati. Maruf Amin berharap beasiswa ini dapat membantu pendidikan para santri untuk mencapai cita-citanya. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk keluar dari kemiskinan demi menuju kesejahteraan.

Baca Juga

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI Prof Dr K] Noor Achmad MA, menyebutkan, BAZNAS menaruh perhatian besar kepada pendidikan anak mustahik. Program Beasiswa Santri Menuju PTN jadi salah satu yang diunggulkan, karena dapat mendorong perkembangan santri mustahik untuk meraih mimpi.

"Program Beasiswa Santri Menuju PTN merupakan salah satu unggulan BAZNAS, yang disiapkan untuk 5.000 santri di seluruh Indonesia. Untuk saat ini sudah diberikan kepada 3.500 santri. Alhamdulillah mereka yang kita bantu Rp6 juta per santri ini berhasil memanfaatkan dengan baik untuk kursus, les, dan sebagainya, alhamdulillah mereka lulus semua tembus perguruan tinggi negeri," kata Noor Achmad, dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/8/2023).

Noor menambahkan, untuk itu BAZNAS akan terus mengembangkan program Beasiswa Santri Menuju PTN, agar bisa memberi manfaat lebih kepada mereka yang membutuhkan.

"Program ini akan terus kita kaji dan kembangkan, agar makin banyak yang bisa terbantu dan berujung pada peningkatan kesejahteraan keluarga mustahik di masa depan," katanya. 

Menurut Noor, dengan memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak dari keluarga miskin, mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih pekerjaan yang lebih baik di masa depan. Sekaligus membantu mengurangi kemiskinan jangka panjang. 

BAZNAS sangat menaruh perhatian pada dunia pendidikan. Sepanjang tahun 2022 lalu, BAZNAS meluncurkan berbagai program beasiswa, di antaranya Beasiswa Cendekia BAZNAS, Beasiswa Cendekia BAZNAS Kairo, Beasiswa Riset Program Mazawa, Beasiswa Riset Zakat Prodi Umum, Beasiswa Mahad Aly, Beasiswa Persiapan Sekolah Kedinasan, Beasiswa Santri, Beasiswa Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah), serta Beasiswa Kemitraan Khusus Disabilitas, Daerah 3T dan Suku Terasing BAZNAS 2022.

Dari sejumlah program beasiswa yang digulirkan BAZNAS Pusat dalam lima tahun terakhir, jumlah penerima manfaatnya mencapai 13.496 mahasiswa. Sedangkan dalam skala nasional, BAZNAS se-Indonesia telah memberikan manfaat kepada 2 juta mustahik dari sejumlah program beasiswa dalam dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement