Kamis 03 Aug 2023 08:18 WIB

Ini Alasan PBNU Ajukan KH Anwar Iskandar Jadi Ketum MUI, Gantikan Kiai Miftachul Akhyar 

KH Anwar Iskandar akan ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI (kiri duduk) bersama KH Anwar Iskandar (kanan). KH Anwar Iskandar akan ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI.
Foto: Dok Istimewa
Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI (kiri duduk) bersama KH Anwar Iskandar (kanan). KH Anwar Iskandar akan ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengungkapkan alasan PBNU mengajukan KH Anwar Iskandar untuk menjadi ketua umum MUI Pusat. 

Kiai Anwar akan menggantikan kursi kosong yang ditinggalkan KH Miftachul Akhyar, yang kini menjadi Rais Aam PBNU.

Baca Juga

Gus Yahya menjelaskan, Kiai Anwar adalah seorang kiai senior yang sekarang ini juga menjabat Wakil Rais Aam PBNU. Menurut dia, Kiai Anwar sangat memumpuni untuk menjadi Ketum MUI, sehingga patut untuk didukung.

“Jelas itu kan Wakil Rais Aam dan (di antara) kiai paling senior di lingkungan NU, beliau ya kalau soal masalah keulamaan dan kemasyarakatan sangat mumpuni. Kami sangat mendukung,” ujar Gus Yahya kepada wartawan di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023).

 

Kakak kandung Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ini mengatakan, sekarang ini susah untuk mencari sosok yang lebih mumpuni daripada Kiai Anwar Iskandar. 

“(PBNU memilih Kiai Anwar) karena kalau di mata kami ya susah nyari yang lebih mumpuni dari beliau sekarang ini,” ucap Gus Yahya.

MUI sendiri telah melakukan pembahasan untuk mengesahkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI yang baru. 

Kiai Anwar akan menggantikan KH Miftachul Akhyar yang yang telah mendundurkan diri setelah terpilih sebagai Rais Aam PBNU pada Muktamar NU ke-48 di Lampung pada 2022 lalu.

Baca juga: Alquran Bukan Kalam Allah SWT Menurut Panji Gumilang, Ini Bantahan Tegas Prof Quraish

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis mengatakan, pengajuan KH Anwar Iskandar  sebagai Ketua Umum MUI telah dibahas dalam Rapat Pimpinan MUI beberapa waktu lalu.

"MUI sedang memproses Kiai Anwar Iskandar Wakil Rais Aam PBNU untuk menjadi Ketum di MUI. Peda tingkat pembahasan di pengurus harian kemarin sempat kita bahas," ujar Kiai Cholil di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

Selanjutnya, menurut dia, MUI akan melakukan rapat pleno bersama Dewan Pertimbangan MUI. Setelah itu, MUI juga akan melakukan rapat paripurna yang melibatkan ormas-ormas Islam untuk mengesahkan Ketum MUI yang baru itu.

"InsyaAllah nanti proses rapat pleno dengan Dewan pertimbangan MUI yang ketuanya adalah KH Maruf Amin," ucap Pengasuh Ponpes Cendikia Amanah Depok ini.    

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement