Selasa 01 Aug 2023 23:12 WIB

Seorang Imam Masjid di India Dibunuh Massa Sayap Kanan

Massa sayap kanan membakar dan melepaskan tembakan ke masjid di pinggiran New Delhi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Imam Masjid di India Dibunuh Massa Sayap Kanan
Foto:

Bentrokan Hindu-Muslim di distrik tetangga

Insiden itu menyusul bentrokan kekerasan antara komunitas Hindu dan Muslim di Nuh, di mana pihak berwenang memberlakukan jam malam. Sedikitnya empat orang, termasuk dua personel polisi, tewas dalam bentrokan di distrik Nuh.

Kekerasan meletus ketika prosesi keagamaan Hindu melewati wilayah mayoritas Muslim. “Arak-arakan itu dimaksudkan untuk berpindah dari satu kuil ke kuil lain, tetapi bentrokan pecah antara dua kelompok dalam perjalanan, yang mengakibatkan kematian empat orang,” kata juru bicara kepolisian Nuh, Krishan Kumar.

Dia mengatakan dua dari korban tewas adalah anggota penjaga rumah, pasukan sukarela yang membantu polisi mengendalikan kerusuhan sipil. “Sepuluh personel polisi lainnya terluka dalam bentrokan itu,” ujar Kumar.

Beberapa mobil dibakar dan batu dilemparkan ke arah polisi, dan pemerintah negara bagian meminta pasukan tambahan untuk mengendalikan situasi. Polisi menggunakan gas air mata dan melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa.

Pihak berwenang telah menangguhkan layanan internet di daerah tersebut dan melarang pertemuan besar.

“Kejadian hari ini sangat disayangkan. Saya menyerukan kepada semua orang untuk menjaga perdamaian di negara bagian. Tindakan tegas akan diambil terhadap mereka,” kata Ketua Menteri Haryana Manohar Lal Khattar di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Prioritas pertama kami adalah mengendalikan situasi. Kami mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga perdamaian. Kami juga berusaha mengirim pasukan dengan helikopter,” kata Menteri Dalam Negeri Anil Vij.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement