Rabu 26 Jul 2023 13:59 WIB

Teroris Penyerang Masjid di Toronto Dijatuhi Hukuman Delapan Tahun Penjara

Omar mengaku bersalah atas tiga dakwaan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Teroris Penyerang Masjid di Toronto Dijatuhi Hukuman Delapan Tahun Penjara. Foto:   Islamofobia (ilustrasi)
Foto: Bosh Fawstin
Teroris Penyerang Masjid di Toronto Dijatuhi Hukuman Delapan Tahun Penjara. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,OTTAWA -- Penyerang masjid di daerah Toronto dengan kapak dan berencana memakan korban massal, Mohammad Moiz Omar dijatuhi hukuman delapan tahun penjara pada Selasa (25/7/2023).

Berbekal semprotan beruang dan kapak, Omar memasuki Pusat Islam Dar Al-Tawheed di Mississauga, di mana sekitar 30 jamaah sedang melakukan sholat subuh pada 19 Maret 2022. Dia dihentikan sebelum dia dapat melukai jamaah secara serius.

Baca Juga

Menurut pernyataan fakta yang disetujui pengadilan, Omar bermaksud untuk melakukan peristiwa korban massal, dan dia disulut dengan kebencian yang kuat serta keinginan untuk mengintimidasi umat Islam. Dia percaya Islam adalah agama yang tidak toleran dan penuh kekerasan.

Pada 19 Juli, Omar mengaku bersalah atas tiga dakwaan: memberikan zat berbahaya (semprotan beruang) dengan maksud untuk melukai tubuh, penyerangan dengan senjata, dan kerusakan properti keagamaan. Dia juga setuju bahwa serangan itu merupakan kegiatan teroris. Dia berusia 24 tahun pada saat serangan itu.

Selama sidang 19 Juli, imam masjid, Ibrahim Hindy, mengatakan serangan itu mengerikan.

"Ini bukanlah seseorang yang mengalami hari yang buruk atau mengalami episode kesehatan mental. Ini adalah seseorang yang merencanakan dengan jelas apa yang ingin dia lakukan dan bagaimana dia ingin membunuh Muslim," kata Hindy dilansir dari laman Anadolu Agency pada Rabu (26/7/2023).

"Saya hanya bersyukur bahwa jamaah kami dapat menghentikannya sebelum dia akhirnya dapat menyakiti seseorang," lanjut dia.

Pada saat peristiwa tersebut jamaah mampu menggulingkan Omar ke lantai. Tidak ada yang terluka parah, meski satu orang ditendang di perut dan beberapa terkena semprotan beruang. Kerusakan masjid diperkirakan mencapai 12.140 dolar. Omar mengatakan kepada polisi bahwa dia adalah seorang Muslim tetapi sekarang menjadi seorang ateis.

 

 

 

https://www.aa.com.tr/en/americas/canada-mosque-attacker-sentenced-to-8-years/2954423

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement