Ahad 13 Aug 2023 04:09 WIB

Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan

Khusus bagi seorang mualaf, hidup bisa menjadi sangat sulit, terutama di awal.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara Situs Masjid Kuno Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan
Foto:

2. Allah Membimbing Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَوَجَدَكَ ضَآلًّا فَهَدَىٰ

Artinya: "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." (QS. Ad Dhuha: 7).

Bukankah hanya beberapa bulan yang lalu Anda tersesat dan mengembara? Bukankah ada saat ketika Anda mencari dan kemudian Dia membawa Anda dari kegelapan ke dalam terang?

Ini adalah Tuhan yang sama yang melakukannya! Ini adalah Tuhan yang sama yang memberi Anda keyakinan yang membuat Anda menangis bahagia ketika Anda menerimanya. Dia telah membawamu sejauh ini, akankah Dia melepaskanmu hari ini?

Keseluruhan surat ini, Surah Dhuha, dengan sendirinya merupakan penghibur yang hebat di saat-saat sulit, tetapi khususnya ayat ini. Dialah yang telah menciptakan Anda, membentuk Anda dan membawa Anda ke tempat Anda sekarang ini. Jangan khawatir, Dia tidak akan melepaskanmu hari ini. Dialah Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

3. Allah Tahu Apa yang Dibutuhkan Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

Artinya: "Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" (QS. Al-Mulk: 14).

Dialah yang menciptakan Anda. Dia menciptakan arteri kecil yang berdetak di pergelangan tangan Anda. Dia menciptakan setiap helai rambut di kepala Anda, rambut yang membentuk bulu mata Anda, dan setiap potongan kulit di tubuh Anda. Dia menciptakan Anda, dan Dia mengenal Anda. Dia tahu apa yang Anda butuhkan, dan Dia tahu kapan Anda membutuhkannya.

Dia tahu betapa menyedihkannya hal-hal itu dan Dia juga tahu solusinya. Kuncinya terletak pada dua nama yang disebutkan. Dia Berkenalan (Al-Khabeer). Dia tahu apa pun yang mempengaruhi Anda, dan Dia Halus. Dia Halus dalam berbuat baik, dan Halus dalam menyusun rencana-Nya.

Saat kita berada di kedalaman rasa sakit kita, Allah sedang merencanakan jalan keluar untuk kita. Dia sedang mempersiapkan jalan bagi kita di mana kita akan sangat senang. Kita hanya perlu bersabar dan menunggu pembebasan-Nya!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement