Sabtu 15 Jul 2023 08:58 WIB

Kisah Wisudawan Meneliti Pengajaran Bahasa Inggris Gunakan Surah Pendek dalam Alquran

Wisudawan harus kreatif dan jadi generasi penerus ulama.

Ilustrasi wisudawan.
Foto: Reuters
Ilustrasi wisudawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Barangsiapa yang menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu," (HR Ahmad). Itulah sepenggal hadist yang isinya memberikan motivasi dalam mendapatkan ilmu.

Tanpa melihat  gender, siapa saja yang mendapatkan ilmu mereka akan diangkat derajatnya oleh Allah. Begitu pula muslimah, pantang untuk tidak menutut ilmu, agar dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kaumnya dan masyarakat.

Baca Juga

Husnul Bidayah Anwar, adalah salah satu mahasiswa S1 dari 495 wisudawan yang ikut dalam proses  sidang wisuda Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, bertempat di Gedung Puri Begawan Kota Bogor, Rabu (12/7/2023).

Husnul panggilan akrabnya lulus dengan predikat Cumlaude, pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Menariknya karena judul yang diangkat adalah The Use of English Translation of the Noble Qur'an as an Authentic Materials For English Young Leaners yang meneliti penggunaan terjemahan surah-surah pendek dari Alquran dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk anak. 

 

Husnul yang juga telah menulis dan menerbitkan beberapa buah buku ontologi dan puisi menyebutkan alasan mengambil judul skripsi di atas adalah untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam terutama Alquran ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar semakin dekat dan dikenal penggunaanya dalam dunia pendidikan Bahasa Inggris, ujarnya.

Seorang hafidzah qur'an ...

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement